Idul Adha

Wajib Coba di Idul Adha, 4 Olahan Enak Daging Sapi

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 20 Juli 2021
Wajib Coba di Idul Adha, 4 Olahan Enak Daging Sapi
Ada berbagai menu olahan daging sapi. (Foto: Unsplash/usmanyousaf)

SUDAH punya daging kurban di Hari raya Idul Adha, tapi belum punya ide untuk mengolahnya? Tenang, kamu enggak susah menemukan menu enak berbahan daging sapi. Misalnya sajian berkuah, berempah-rempah, hingga gurih. Kenikmatannya akan menggoyangkan lidah.

Bagian-bagian sapi yang nikmat dikonsumsi, yaitu lidah, buntut, babat, kulit, iga, has dalam, dan kaki sapi. Semua bagian itu dapat diolah menjadi berbagai macam cita rasa. Berikut 4 ide makanan olahan dari daging merah ini.

Baca Juga:

5 Olahan Daging Kambing untuk Hari Raya Idul Adha

1. Rendang

Rendang nikmat dengan bumbu meresap. (Foto: Instagram@warung_sambal_ijo)


Rendang merupakan makanan khas Idul Adha. Bumbu rendang terdiri dari berbagai rempah yang sangat kuat. Makanan ini dapat dinikmati keluarga. Untuk menghasilkan daging rendang yang lembut, butuh proses memasak yang lama.

Selain membuat dagingnya terasa empuk, proses masak yang lama akan membuat bumbu-bumbu meresap hingga dalam daging. Tidak mengherankan jika ketika dimakan, cita rasa rendang akan menggoyangkan lidah. Rendang nikmat dimakan dengan nasi panas.

Baca Juga:

Rendang Made in Negeri Aing Disukai Warga Dunia


2. Sop Buntut

sop buntut
Buntut sapi diolah jadi sajian berkuah yang nikmat. (Foto: Instagram@idemakansiang)

Sop buntut menjadi makanan yang disukai di Indonesia. Sop buntut merupakan
makanan olahan dari ekor sapi. Buntut sapi yang direbus akan mengeluarkan kaldu yang dapat memberikan kelezatan pada kuahnya.

Buntut sapi dan kaldunya ini kemudian dipadukan dengan sayuran wortel, tomat, dan kentang. Sayuran itu membuat tampilan makanan menjadi menarik. Lebih nikmat lagi, sebelum disajikan ditambahkan taburan bawang goreng serta perasan jeruk limau. Dijamin, rasanya akan menjadi lebih sedap.

3. Iga Bakar

iga bakar
Iga bakar nikmat dimakan langsung dari tulangnya. (Foto: Unsplash/alexandru-bogdamghita)

Iga menjadi makanan favorit semua orang, lokal maupun mancanegara. Daging yang dibakar memiliki cita rasa yang berbeda. Makan iga bakar memiliki sensasi makan langsung dengan tulang-tulangnya. Daging yang dibakar dengan tingkat kematangan yang baik dan bumbu lebih meresap akan terasa mantap.

4. BBQ

BBQ
Pilih daging berkualitas untuk BBQ. (Foto: Unsplash/zaccain)

Daging yang dipanggang biasanya yang berkualitas tinggi. Jenis daging yang digunakan yakni daging slice yang digunakan pada shabu-shabu maupun yang dipanggang langsung. Cara masak ini sering kali ditemukan di restoran all you can eat.
Selain itu, terdapat jenis daging yang diolah menjadi steak. Semua jenis BBQ dapat kamu masak di rumah.

Daging sapi memang memiliki kandungan baik bagi kesehatan seperti protein, vitamin, dan kandungan lemak sapi. Namun, mengonsumsi daging sapi berlebihan dapat meningkatkan kolesterol yang buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, makanlah daging merah ini dalam moderasi yang pas.(Cil)

#Idul Adha #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan