Kuliner

Wajib Beli nih, 4 Kacang Oleh-Oleh Khas Bali

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 14 November 2022
Wajib Beli nih, 4 Kacang Oleh-Oleh Khas Bali
Wajib banget, beli oleh-oleh kacang khas Bali. (foto: Instagram @kacang_bali)

OLEH-oleh Bali enggak cuma kaus Barong loh. Ada beragam kudapan sedap yang bisa kamu bawa pulang dari Pulau Dewata. Salah satu yang jadi favorit ialah kacang.

Kacang khas Bali sudah jadi favorit pelancong nih. Mulai dari kacang tanah hingga kacang koro diolah dengan cara digoreng atau disangrai. Rasanya gurih dengan tekstur renyah. Pas banget buat camilan.

Beberapa produsen camilan kacang Bali bahkan telah berinovasi membuat berbagai varian rasa. Namun nih, empat varian kacang khas Bali berikut merupakan favorit para pelancong. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di Bali. Wajib beli deh.

BACA JUGA:

Rekomendasi Babi Guling Nikmat di Bali



1. Kacang Tanah




Kacang tanah khas Bali ini diolah dengan cara digoreng atau disangrai. Tak polos, kacang-kacang ini diberi bumbu yang menghasilkan rasa asin nan nikmat.

Kamu bisa pilih kacang tanah dengan bumbu bawang putih, garam, atau yang diberi potongan daun jeruk.


kacang khas bali
Ada berbagai pilihan rasa kacang khas Bali. (foto: Instagram @grosirtaribali)


2. Kacang Kapri



Kacang kapri khas Bali bentuknya seperti kacang tanah, tapi ukurannya lebih besar dengan rasa yang lebih gurih. Cara pengolahan kacang ini dengan cara disangrai. Kacang kapri diolah dengan menghilangkan terlebih dahulu kulit ari kacang. Dengan begitu, kacang ini jadi lebih mudah dinikmati.

Kamu bisa pilih berbagai rasa kacang kapri. Mulai dari yang original dengan bumbu garam dan bawang putih, pedas, hingga yang dicampur irisan daun jeruk.

BACA JUGA:

Citarasa Bali untuk Akhir Pekan



3. Kacang Koro




Bentuk kacang ini pipih dan berwarna lebih kuning daripada kacang tanah. Kamu akan dengan mudah menemukan kacang satu ini. Kacang koro biasanya diolah dengan cara disangrai ataupun dibakar dalam oven. Kacang Koro punya penggemar tersendiri dengan berbagai varian rasa, mulai dari original, keju, bawang, hingga rumput laut.

kacang disko Bali
Kacang disko yang enak dan renyah. (foto: Instagram @kacangrajawalibali)



4. Kacang Disco



Kenapa namanya kacang disko? Bukan karena dibuat sambil disko lo ya. Namun, kacang ini, saking enaknya, berasa sedang disko di mulutmu.

Kacang disco dibuat dari kacang tanah yang diberi adonan basah dan kering lalu digoreng. Adonan basah untuk kacang ini terdiri dari putih telur dan gula yang dikocok lepas sampai putih. Sementara itu, adonan keringnya merupakan campuran tepung terigu, tepung bumbu, dan bumbu rasa yang diinginkan.

Kacang yang masih mentah akan dicampur dengan setengah bagian adonan basah kemudian diaduk rata. Setelah itu, kacang dimasukkan ke adonan kering sedikit demi sedikit untuk dicampur. Setelah itu, adonan kering dan basah dituang sambil diaduk dengan tangan agar kacang tidak menggumpal. Kacang berbalur tepung inilah yang kemudian digoreng dan menjadi kacang disko.

Kerenyahan adonan tepung dengan rasa nan nikmat berpadu pas dengan kacang di dalamnya. Benar-benar bikin lidah kamu disko saat menikmatinya.(dwi)

BACA JUGA:

Mengenal Arak Bali dan Cara Menikmatinya

#Kuliner #Bali #Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan