Kesehatan Kulit

Wajah Belang Akibat Masker? Begini Cara Mengatasinya

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 27 November 2020
Wajah Belang Akibat Masker? Begini Cara Mengatasinya
Belang di wajah akibat pemakaian masker (Foto: 123RF/Artem Tryhub)

BELANG akibat masker tentu menjadi hal yang mengganggu penampilanmu. Kewajiban memakai masker di luar rumah membuat wajah belang menjadi sulit dihindari. Namun, kamu tetap dapat mengantisipasi dengan berbagai cara.

Seperti banyak masalah kulit, belang wajah dapat dicegah dengan menggunakan produk yang mengandung SPF yang baik. Dengan kata lain, jangan hemat tabir surya! Pastikan untuk menambah aplikasi SPF pada wajahmu sebelum mengenakan masker. Dan, jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang beberapa kali sepanjang hari.

Baca juga:

Masker Scuba dan Buff Dinilai Berbahaya

Mengutip laman REAL SIMPLE, dokter kulit bersertifikat dan co-founder Atolla Ranella Hirsch, MD mengatakan kamu perlu menggunakan tingkat SPF tinggi, tetapi juga ringan, bebas minyak, dan cepat menyerap untuk mencegah belang masker.

Meskipun tabir surya berbasis mineral lebih ramah lingkungan, produk itu cenderung tertinggal di kulit dan dapat dengan mudah terhapus akibat gesekan masker. Tabir surya berbasis bahan kimia yang akan lebih dalam diserap ke dalam kulit dan memberikan perlindungan lebih lama.

Jangan sampai belang wajah membuat kamu ragu pakai masker. (Foto: 123RF/ lzflzf)

Kamu disarankan untuk beralih ke produk tabir surya untuk berolahraga yang tidak akan luntur bersama aliran keringat. Perlu diingat, kandungan bahan kimia tertentu dalam tabir surya dapat merusak efektivitas dan elastisitas pada masker.

Baca juga:

Harga Naik Hingga 4 Kali Lipat, Amazon Batasi Penjualan Masker dan Hand Sanitizer

SPF hanya efektif sepenuhnya selama dua jam setelah pemakaian, kamu sebaiknya membawa botol tambahan setiap kali keluar rumah. Aplikasikan tabir surya dengan cepat di tempat yang jauh dari orang lain dan cobalah untuk menunggu setidaknya 15 menit sebelum kamu kembali berada di bawah sinar matahari. Menggunakan topi lebar juga bisa membantu.

Cara mengatasi belang masker di wajah

Jangan lupa pakai masker (Foto: 123RF/supaleka)

Sekarang katakanlah sudah ada belang di wajah akibat pemakaian masker. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk meminimalkan belang di wajahmu tanpa harus ke dermatologis atau beauty clinic. Sebagai permulaan, jangan menggunakan sinar UV untuk menyamarkan belang di seluruh wajah. Tindakan ini hanya akan membuat wajah yang sudah kecokelatan terpapar sinar matahari.

Kamu bisa menggunakan tabir surya berwarna atau make up bronzing untuk membantu meratakan warna kulit. Dapat juga menggunakan self-tanner pada bagian bawah yang tertutup masker. Namun, penting untuk melakukan eksfoliasi kulit terlebih dahulu. (aru)

Baca juga:

Masker N95 vs Surgical Mask, Mana Lebih Efektif Cegah Penularan Virus Corona?

#Masker #Kecantikan #Tips Kecantikan #Kesehatan #Kesehatan Kulit
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan