Wajah Baru di Street Food Sumatera Bandung

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 29 September 2023
Wajah Baru di Street Food Sumatera Bandung
Street Food Sumatera Bandung. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

MerahPutih.com - Saat ini, berbagai kawasan street food yang tersebar di Kota Bandung dapat menjadi pilihan warga untuk berkuliner. Salah satunya street food yang terletak di Jalan Sumatera.

Wajah baru yang diresmikan pada Februari 2023 ini memiliki 18 tenant dengan berbagai macam hidangan. Salah satunya, soto milik Lili Setiawati atau yang kerap dipanggil Linda.

Linda mengungkapkan, area ini dulunya adalah tempat sampah sehingga diperlukan waktu yang lama untuk penataan.

Baca Juga:

Wajib Tahu, Riwayat Penetapan Hari Jadi Kota Bandung

“Jadi PKL Sumatera ini berdirinya pada tahun 1994. Dulu tempat ini tempat sampah, tapi kita olah dan tata sendiri sampai 15 tahun. Per lima tahun kita swadaya (penataan sendiri). Kalau sekarang dari PT Mayora,” ucapnya.

Sebagai pedagang kaki lima yang sudah belasan tahun berjualan, Linda beserta PKL lainnya terus berjuang untuk menjadi koperasi, yang pada akhirnya membuahkan hasil.

“Tapi setelah sekian tahun, kita tetap terus berusaha menjadi koperasi. Kita bentuk koperasi 'Urip Wargi Mandiri' pada tahun 2010,” jelasnya.

Selain membentuk koperasi, penataan tempat menjadi faktor penting dalam pengelolaan.

“Karena kita harus menjadi aksesoris kota yang baik, perlu penataan. Dari yang awalnya kurang bersih, kita bersihkan. Dalam 15 tahun ada tiga kali penataan dengan bantuan Mayora dan Satgasus PKL Kota Bandung,” jelasnya.

Baca Juga:

HUT Ke-213 Bandung, Kemacetan dan Sampah Jadi Pekerjaan Rumah

Dengan semua upaya yang telah dilakukan, Linda berharap agar PKL menjadi lebih baik dan tertata.

“Kalau sekarang ini saya berharap semua terus berusaha lebih baik. Saya ingin lebih meningkat. Kami dari sekian koperasi Kota Bandung juga mendapat piagam penghargaan terbaik dari UMKM Kawaluyaan,” tuturnya.

Tak hanya Linda, pedagang lain pun beranggapan serupa.
Rosmaida, pedagang seblak dan minuman turut mengungkapkan pandangannya terhadap Street Food Sumatera ini. Menurutnya, hal ini membantu para pedagang untuk lebih diperhatikan masyarakat.

“Membantu terlihat lebih rapi dan kita juga lebih 'terlihat',” ucapnya.

Dengan promosi yang diperluas, Rosmaida berharap, Street Food Sumatera lebih dikenal masyarakat.

“Semoga warga Bandung mengetahui kuliner street food dan lebih terkenal lagi. Ke depannya bisa menjadi sentra kuliner Bandung dengan promosi yang lebih ditingkatkan,” tutur Rosmaida. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

KPK Jebloskan Mantan Walkot Bandung ke Penjara Sukamiskin

#Bandung #Street Food
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan