Waisano Jadi Proyek Percontohan di Pulau Panas Bumi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 18 Agustus 2017
Waisano Jadi Proyek Percontohan di Pulau Panas Bumi
Energi Panas Bumi. (esdm.go.id)

MerahPutih.com - Pengelolaan panas bumi Waisano-Werang di Kabupaten Manggarai Barat, Flores bagian barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menjadi proyek percontohan pertama. Seperti diketahui pemerintah telah menetapkan Flores sebagai Pulau Panas Bumi.

"Kemungkinan besar panas bumi Waisano yang menjadi proyek pertama sekaligus menjadi proyek percontohan," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTT Boni Marasina di Kupang, Jumat (18/8) terkait implementasi Flores sebagai Pulau Panas Bumi.

Pemerintah pusat telah menetapkan Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai Pulau Panas Bumi karena memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai sumber listrik maupun sumber non listrik.

Penetapan Flores sebagai Pulau Panas Bumi itu tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM nomor 2268 K/30/MEM/2017 tentang Penetapan Pulau Flores sebagai Pulau Panas Bumi.

Dia mengatakan belum mendapat pemberitahuan resmi dari pemerintah pusat, tetapi pada penyerahan keputusan menteri tentang penetapan Flores sebagai Pulau Panas Bumi beberapa waktu lalu sudah disampaikan bahwa potensi panas bumi Waisano yang mencapai 60 MW akan menjadi proyek pertama yang akan dikerjakan.

"Kami belum tahu kapan realisasinya, tetapi pemerintah dan rakyat NTT tentu berharap bahwa tahun ini proyek percontohan sudah bisa mulai dikerjakan," katanya.

Direktur Ditjen Panas Bumi Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementrian ESDM Yunus Saefulhak sebelumnya mengatakan, proyek pertama yang akan dikembangkan di Pulau Flores adalah wilayah Waisano. Waisano dipilih berdasarkan hasil survei Badan Geologi (Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi) yang telah dianalisis sebelumnya oleh tenaga ahli World Bank.

Dana yang digunakan untuk mengembangkan Waisano adalah dengan menggunakan dana Geothermal Fund. Dana tersebut berasal dari dana hibah World Bank dan APBN. (*)

Sumber: ANTARA

#Flores #Energi Terbarukan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan