Wahyu Setiawan "Divonis" Lakukan Perbuatan Melenceng dari Demokrasi Sidang kode etik DKPP terhadap komisioner KPU Wahyu Setiawan. (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyebut eks komisioner KPU Wahyu Setiawan telah melenceng dari nilai-nilai demokrasi.

Anggota DKPP Ida Budhiati menjelaskan, tindakan yang dilakukan Wahyu tersebut melanggar undang-undang. Ida memaparkan bahwa ada iktikad buruk Wahyu untuk mencari keuntungan pribadi.

Baca Juga:

Ketua KPU Akui Diminta Wahyu Setiawan Proses Surat PAW Harun Masiku

"Dari rangkaian pertemuan dan komunikasi dalam usaha melakukan PAW anggota DPR yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan menunjukkan adanya iktikad buruk dari teradu dengan menggunakan wewenang untuk mendapatkan keuntungan pribadi atas penyalahgunaan jabatan," kata dia di Jakarta, Kamis (16/1).

Menurut Ida, sebagai anggota KPU Wahyu seharusnya menjaga amanah yang telah diberikan kepadanya dan menjadi teladan bagi jajaran di KPU. Oleh karena itu, pelanggaran yang dilakukan Wahyu dinilai mengkhianati demokrasi.

"Dan juga keberpihakan dan bertindak partisan hingga berujung penangkapan dan penetapan tersangka dugaan menerima suap justru meruntuhkan kemandirian, kredibilitas, dan integritas penyelenggara pemilu yang wajib dijaga dan dipertaruhkan dalam segala situasi apa pun sebagai amanah yang dipercayakan kepada teradu," sebut Ida.

Komisioner KPU saat sidang kode etik DKPP, di gedung KPK, Rabu (15/1). (Foto: MP/Ponco Sulaksono)
Komisioner KPU saat sidang kode etik DKPP, di gedung KPK, Rabu (15/1). (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

Ida menyebut seharusnya Wahyu menyadari bahwa setiap tindak-tanduk yang dia lakukan akan membawa nama KPU sehingga sikap buruk yang dilakukan Wahyu akan mencoreng lembaga tersebut.

"Sehingga baik dan buruk tindakan teradu berdampak besar terhadap martabat dan kehormatan penyelenggara pemilu secara keseluruhan dengan kedudukannya sebagai anggota KPU RI," jelas Ida.

Baca Juga:

KPK Diminta Jangan Tarik Pihak yang Tak Terlibat di Kasus Wahyu Setiawan

DKPP berpandangan, sebagai anggota KPU, Wahyu Setiawan seharusnya menjadi contoh dan teladan dengan menunjukkan sikap mandiri, kredibel, dan berintegritas.

Namun sebaliknya, tindakan yang dilakukan Wahyu justru menunjukkan ketidakmandirian penyelenggara pemilu yang berujung pada sikap partisan.

"Sikap dan tindakan teradu yang berpihak dan bersifat partisan kepada partai politik tertentu merupakan bentuk pengkhianatan terhadap demokrasi," ujar Ida.

Ida melanjutkan, tindakan Wahyu yang berujung pada penetapan dirinya sebagai tersangka oleh KPK ini membawa dampak besar terhadap martabat dan kehormatan penyelenggara pemilu secara keseluruhan. (Knu)

Baca Juga:

Wahyu Setiawan Resmi Dicopot dari KPU


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH