Wahana Wisata Air Banyak Diminati, Polisi Ingatkan Keselamatan Pengunjung

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 05 Mei 2022
Wahana Wisata Air Banyak Diminati, Polisi Ingatkan Keselamatan Pengunjung
Pengunjung memadati Taman Balekambang, Solo, Jawa Tengah, Kamis (5/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Wahana air yang ada di objek wisata Kota Solo, Jawa Tengah ramai diminati pengunjung, saat libur lebaran tahun ini. Hal itu menjadi sorotan Polresta akan memperhatikan keselamatan pengunjung

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, sejumlah wisata di Kota Solo dipenuhi pengunjung dalam libur Lebaran 2022. Tak terkecuali wisata taman hiburan air.

Baca Juga:

Skema Menuju Endemi COVID-19 Menunggu Evaluasi Mudik

"Kami memiliki sejumlah catatan agar pengelola wisata memberikan kelengkapan keselamatan," kata Ade, Kamis (5/5).

Ia mengatakan, langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan. Di lokasi TSTJ atau Solo Zoo pihaknya mengingatkan supaya pengelola taman wisata hiburan air untuk melengkapi sarana keselamatan bagi pengunjung.

"Kapasitas penumpang jangan sampai melebihi itu berbahaya. Penumpang juga harus pakai pelampung," katanya.

Ia mengatakan, aturan prokses tetap harus dijalankan. Pengunjung tetap harus pakai masker. Keberadaan Satgas COVID-19 harus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Pengunjung yang lupa membawa masker diberikan secara gratis oleh petugas," ujarnya.

Selain itu, juga telah diterapkan sistem keluar-masuk atau sirkulasi. Ketika pengunjung telah penuh berada di dalam, maka pengunjung yang akan masuk ditahan dulu.

Baca Juga:

Pemudik Ditemukan Tewas di Terminal Tirtonadi Solo

Direktur TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso mengatakan, per hari ini hingga pukul 12.00 WIB jumlah pengunjung mencapai 8.000 orang. Diperkirakan pengunjung akan mencapai 15.000 orang untuk hari ini.

"Kalau dibandingkan tahun sebelum pandemi, jumlahnya masih belum setara. Karena sehari bisa mencapai 15.000 orang. Untuk kemarin hanya 8.000 orang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT Taman Balekambang, Sumeh mengatakan, hingga pukul 12.00 WIB pengunjung mencapai angka 3.000 orang. Diharapkan, jumlah pengunjung makin meningkat hingga akhir libur lebaran mendatang.

"Kalau untuk hari ini tadi mencapai 3.000 orang per jam 12.00 WIB. Harapannya, ya bisa meningkat sampai habis libur lebaran nanti," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga:

Arus Balik Mudik Mulai Nampak di Tol Palikanci

#Mudik #Lebaran #Ramadan #Idul Fitri
Bagikan
Bagikan