Wahai Emak-Emak, Harga Cabai Mulai Naik. Mau Tahu Berapa? Cabai merah. (ANT)

MerahPutih.com - Harga jual beberapa jenis cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pekan ini mengalami kenaikan secara bervariasi, dibanding harga jual sebelumnya.

Menurut Mariyubi, salah seorang pedagang di Pasar Kliwon, beberapa jenis cabai yang harga jualnya naik, yakni cabai merah kerinting.

Sebelumnya, kata dia, harga jualnya mencapai Rp10 ribu per kilogram. Syahdan secara bertahap naik menjadi Rp12 ribu per kg untuk kualitas sedang. Sedangkan kualitas bagus bisa mencapai Rp14 ribu per kg.

Sementara cabai rawit putih, kata dia, dijual dengan harga Rp18 ribu per kg atau naik Rp4 ribu. Sedangkan cabai rawit merah semula Rp18 ribu per kg, kini naik menjadi Rp20 ribu per kg.

Ia mengaku, harga jual masing-masing pedagang memang berbeda-beda karena harga kulakan sebelumnya ada yang dikombinasikan dengan harga kulakan terbaru sehingga muncul harga baru.

Ilustrasi cabai rawit. (MP/Mauritz)
Ilustrasi cabai rawit. (MP/Mauritz)

Harga cabai saat sekarang, kata dia, cenderung murah. Meskipun mulai merangkak naik.

Karena murah, lanjut dia, konsumen justru mengurangi pembeliannya. Diketahui, sebelumnya bisa membeli dengan nominal Rp10 ribu, kini dengan uang Rp5 ribu sudah dapat banyak.

"Sehari bisa menjual cabai 5 kg saja sudah cukup bagus," katanya.

Pedagang di Pasar Bitingan, Tutik Asiani menambahkan, murahnya harga cabai memang membuat konsumen enggan membeli cabai dalam jumlah banyak karena khawatir membusuk, terutama konsumen rumah tangga.

Sementara, pelanggannya yang merupakan pemilik warung makan, kata dia, pembeliannya memang masih tetap. Namun, nilai transaksinya menurun karena harganya yang cukup murah.

Harga cabai merah keriting pada akhir Desember 2018, kata dia, sempat mencapai Rp30 ribu per kg. Syahdan memasuki awal 2019 mulai menurun hingga mencapai Rp10 ribu per kg. Lantas naik lagi menjadi Rp14 ribu per kg.

Ia menganggap harga kebutuhan pokok masyarakat, termasuk cabai memang berfluktuasi karena disesuaikan dengan kualitas panen serta permintaan pasar.

Untuk bawang putih impor, kata dia, pekan ini naik menjadi Rp27 ribu per kg dari sebelumnya hanya Rp24 ribu per kg. Sedangkan bawang merah justru turun menjadi Rp26 ribu per kg dari sebelumnya mencapai Rp30 ribu per kg.

Tomat buah pekan ini naik menjadi Rp12 ribu per kg, dibanding sebelumnya hanya Rp6 ribu per kg. Sedangkan kobis stabil dengan harga Rp5 ribu per kg.

Daging ayam potong pekan ini turun menjadi Rp33 ribu per kg, dibandingkan sebelumnya mencapai Rp35 ribu per kg.

Sedangkan daging ayam kampung stabil dengan harga Rp60 ribu per kg dan daging sapi juga stabil dengan harga Rp110 ribu per kg.



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH