Wagub Tampung Usulan Perubahan Nama JIS Jadi Stadion MH Thamrin

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 02 Juni 2022
Wagub Tampung Usulan Perubahan Nama JIS Jadi Stadion MH Thamrin
Warga memasuki Jakarta International Stadium (JIS) dari sisi barat di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

MerahPutih.com - Munculnya petisi perubahan nama Jakarta International Stadium (JIS) menjadi Stadion MH Thamrin mendapatkan tanggapan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Menurut dia, petisi itu hanya usulan warga. Riza menekankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menampung seluruh usulan masyarakat mengenai hal tersebut.

Baca Juga

Polda Metro Jaya Survei Kesiapan Formula E, Dimulai dari JIS hingga Ancol

"Semua usulan akan kami tampung dulu dan kami diskusikan, memang banyak usulan dari masyarakat, kami akan bahas," ujar Riza di Balai Kota, Kamis (2/6).

Menurut dia, usulan dari masyarakat itu tidak langsung disetujui, namun perlu pembahasan.

"Yang usulkan bukan cuman satu, ada banyak yang mengusulkan, silakan masyarakat punya usulan lain, nanti kami akan pertimbangkan," imbuhnya.

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan nama yang saat ini Jakarta International Stadium (JIS) melalui proses yang panjang.

"Untuk mengganti nama lain, tentu itu akan menjadi perhatian kami bersama. Prinsipnya nanti akan diputuskan yang terbaik, apapun untuk proses yang lebih baik baik," imbuh Riza.

Baca Juga

Penamaan JIS Bahasa Asing, Wagub: Di Sini Bukan Hanya Orang Jakarta

Sebelumnya, sejarawan JJ Rizal membuat petisi daring di change.org kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengganti nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin yang dinilai lebih cocok.

Menurut dia, penamaan JIS dianggap melanggar UU Nomor 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan karena menggunakan Bahasa Inggris.

Selain itu, nama JIS dianggap tidak dapat memacu semangat untuk memajukan persepakbolaan nasional karena tidak menggunakan nama tokoh sejarah yang inspiratif.

"Diusulkan mengambil nama Soeratin yang merujuk kepada nama tokoh pendiri Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), tapi sejarah menunjukkan ada tokoh yang lebih tepat, yaitu MH Thamrin," tulisnya melalui laman change.org.

Thamrin merupakan pahlawan nasional sekaligus tokoh Betawi, warga asli Jakarta.

Hingga Kamis (2/6) pukul 15.00 WIB, sudah ada 1.512 orang yang menandatangani petisi daring itu dari total 2.500 tanda tangan agar bisa ditampilkan pada halaman rekomendasi. (*)

Baca Juga

Rich Brian hingga Raisa akan Meriahkan Grand Launching JIS

#Jakarta International Stadion (JIS) #Ahmad Riza Patria
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan