Wagub Riza: PSBB Transisi Jakarta Kemungkinan Diperpanjang Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebut, tak menuntut kemungkinan Pemprov DKI akan memperpanjang kembali penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi.

Namun, Riza Patria tak menyampaikan sampai kapan kebijakan itu akan diperluas. Karena, keputusan tersebut nantinya diumumkan resmi oleh Gubernur Anies Baswedan.

Baca Juga

Semua Kota di Jakarta Catatkan Kasus Aktif COVID-19 Tertinggi

"Kemungkinan begitu, nanti pak Gubernur (Anies Baswedan) akan umumkan," kata Riza Patria saat dikonfirmasi, Rabu (12/8).

Alasan Pemda DKI merencanakan perpanjangan PSBB Transisi lantaran kasus corona di Jakarta terus meningkat.

"Pilihannya kan selalu saya sampaikan, pertama kalau angkanya membaik, luar biasa bisa jadi kita memasuki masa masyarakat sehat aman produktif, kalau angkanya masih belum membaik, bisa jadi solusinya diperpanjang," papar Riza.

"Kalau angkanya jelek sekali ya kan bis jadi kembali ke PSBB sebelumnya atau kita menggunakan istilahnya emergency break," sambungnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza). (ANTARA/Devi Nindy)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza). (ANTARA/Devi Nindy)

Meski angka kasus COVID-19 naik, ucap Riza, kasus kematian akibat corona di Jakarta terbilang rendah masih diangka 3,7 persen.

"Sekarang ini kan temen temen bisa liat, kasusnya belum membaik, ya kan, masih ada virusnya, tapi kan tidak parah, jakarta kan angka kematiannnya masih 3,7 persen," papar politikus Gerindra ini.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan 3 gelombang PSBB. Tahap I berlangsung dari 10 April hingga 21 April 2020. Tahap II dilakukan pada 22 April hingga 21 Mei 2020. Fase ke III berlangsung dari 22 Mei dan akan berakhir pada 4 Juni 2020

Sedangkan, PSBB masa transisi sebelumnya berlangsung dari 5 Juni hingga sampai 2 Juli 2020.

Baca Juga

Ingatkan Bahaya COVID-19, Pemkot Jakpus Pasang Peti Mati di Lokasi Ramai Warga

Anies kemudian memutuskan kembali untuk memperpanjang PSBB transisi selama 14 hari dari 3 Juli hingga 16 Juli. Karena jumlah kasus yang belum melandai, PSBB transisi pun kembali diperpanjang dari 30 Juli sampai 13 Agustus 2020 besok. (Asp)

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH