Wagub Dorong Organisasi Pariwisata Tingkatkan Kolaborasi Wujudkan Jakarta Mengglobal

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 11 Agustus 2022
Wagub Dorong Organisasi Pariwisata Tingkatkan Kolaborasi Wujudkan Jakarta Mengglobal
Wagub DKI Jakarta Riza Patria. (Foto: Humas Pemprov DKI)

MerahPutih.com - Pembangunan dunia pariwisata memerlukan kolaborasi antar-pelaku usaha sektor tersebut. Tantangan pengelolaan wisata bukan pada persaingan, tetapi bagaimana secara bersama-sama dapat berperan dalam menarik para wisatawan baik lokal maupun global.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat menghadiri pembukaan Musyawarah Daerah Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Musda DPD PUTRI) DKI Tahun 2022 yang bertajuk "Kolaborasi Membangun Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif Kota Jakarta".

"Jakarta primadona pariwisata yang unggul di Asia. Saya memahami dan mengerti betapa beratnya peran Bapak/Ibu semua memimpin kepariwisataan. Sektor pariwisata paling terdampak pandemi. Ini tantangan besar di bidang ekonomi. Kita memahami dan mengerti betapa sektor pariwisata sangat penting," kata Riza Rabu (10/8).

Baca Juga:

Bisnis Desa Wisata Membaik Airbnb Capai Rekor Tertinggi

Riza menekankan pentingnya penguatan terhadap potensi pengembangan destinasi pariwisata, potensi pembangunan pemasaran pariwisata, industri pariwisata, dan kelembagaan kepariwisataan.

Selain itu, pembangunan pariwisata haruslah berbasis pemberdayaan masyarakat yang mengadopsi sistem yang utuh dan berkelanjutan.

Sehingga, berbagai strategi dibutuhkan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata. Di antaranya strategi dalam menciptakan Taman Rekreasi di Indonesia, khususnya di Kota Jakarta yang membuat pengunjung senang, tertarik dan terkesan. Bahkan, setelah kembali ke rumah mereka masih terkenang, baik dengan hiburannya maupun unsur edukasinya.

Menurut Riza, kawasan wisata perlu didukung tempat-tempat lainnya seperti makanan, minuman, cafe yang menarik. Di zaman digital sekarang ini juga harus mampu menarik perhatian dengan media sosial.

"Kita harus bersama-sama dapat berperan menarik wisatawan lokal maupun global. Kami di Jakarta sedang mengembangkan Pulau Seribu dengan konsep seribu pulau yang sedang disusun. Mudah-mudahan ini bisa menjadi salah satu yang terbaik di dunia, luar biasa, tidak kalah dengan Bali. Hal ini sedang diupayakan menjadi program strategis nasional," ujar Riza.

Baca Juga:

W20 Indonesia Bawa Perempuan dan Pariwisata Indonesia Merdesa

Saat ini pun, sudah banyak sudut Kota Jakarta yang dianggap instagramable dan layak dikunjungi. Ini adalah modal besar yang bisa dimanfaatkan oleh PUTRI untuk menjadikan Kota Jakarta sebagai tujuan wisata lokal maupun internasional terkemuka di Indonesia.

"PUTRI sangat berperan besar dalam memajukan dunia pariwisata di Indonesia. Sekaligus merupakan asosiasi pariwisata yang mengemban misi menjadikan Indonesia sebagai primadona pariwisata yang unggul se-Asia," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Bisnis Desa Wisata Membaik, Pemesanan Airbnb Capai Rekor Tertinggi

#Ahmad Riza Patria #Wisata Jakarta #Pariwisata Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan