Wagub DKI Tampik Pernyataan JIS Tak Layak Gelar Pertandingan Internasional

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 12 September 2022
Wagub DKI Tampik Pernyataan JIS Tak Layak Gelar Pertandingan Internasional
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta menampik bila Jakarta International Stadium (JIS) tak standar internasional hingga tak layak menggelar dua laga FIFA Matchday antara Indonesia versus Curacao.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, stadium JIS dibangun dengan konsep bertaraf internasional dan cocok untuk pertandingan berkelas dunia.

Baca Juga:

PSSI Sebut JIS tidak Layak Gelar FIFA Matchday, Wagub Riza Menjawab Begini

"Secara umum, JIS itu tidak hanya baik dan megah, tapi juga kapasitas yang besar dan memenuhi standar internasional. Tapi dari PSSI ada bebrapa tambahan, syarat, yang harus dipenuhi," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (12/9).

Namun kata Riza, bila menurut Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) perlu ada perbaikan, maka Pemerintah DKI Jakarta akan menindaklanjutinya.

"Nanti ada beberapa yang memang harus disempurnakan, kita akan sempurnakan," ujarnya.

Sebelumnya, PSSI berujar bahwa JIS belum memenuhi kelayakan menggelar dua laga FIFA Matchday antara Indonesia versus Curacao. Dalam rencana awal, laga antara timnas Indonesia dan Curacao pada tanggal 24 dan 27 bulan ini sedianya digelar di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan di JIS.

Baca Juga:

PSSI Ungkap Alasan JIS Batal Gelar Laga Indonesia vs Curacao

Namun, setelah PSSI melakukan uji kelayakan JIS dianggap belum memenuhi standar untuk laga itu. Adapun untuk laga pertama dipastikan tetap dilangsungkan di GBLA.

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur. Terutama pada area drop off tim dan sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter yang menumpuk di barat utara.

Selain itu, kendala lainnya adalah concourse timur yang belum bisa digunakan, perimeter tribun masih butuh dikaji ulang, pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh, dan sarana prasarana pendukung seperti kantong parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion, yang belum sesuai ketentuan.

"Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25 persen, 50 persen, 75 persen, dan 100 persen dari perhitungan maximum safety capacity," ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi. (Asp)

Baca Juga:

Timnas Indonesia Hadapi Curacao di GBLA dan JIS

#PSSI #Jakarta International Stadion (JIS) #Wagub DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan