Wagub DKI Tak Tahu Pembayaran 'Commitment Fee' Formula E Hasil Utang

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 08 November 2021
Wagub DKI Tak Tahu Pembayaran 'Commitment Fee' Formula E Hasil Utang
Formula E. (Foto: Instagram/fiaformulae)

MerahPutih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tak mengetahui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) meminjam uang sebesar Rp 180 miliar ke Bank DKI untuk membayar termin pertama commitment fee Formula E.

"Nanti saya cek, saya baru dengar," kata Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (8/11).

Baca Juga:

KPK Selidiki Dugaan Korupsi Formula E

Ia menjelaskan, seluruh uang kas Pemprov DKI disimpan di Bank DKI. Sehingga, semua transaksi apapun akan dilakukan melalui bank tersebut.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini tegaskan, bahwa terkait persiapan gelaran mobil balap Formula E sudah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Tempat pencetakan "wall barrier" untuk penyelenggaraan Formula E, bertempat di Purwakarta, Jawa Barat. ANTARA/HO-OC Formula E- Jakarta E-prix
Tempat pencetakan "wall barrier" untuk penyelenggaraan Formula E, bertempat di Purwakarta, Jawa Barat. ANTARA/HO-OC Formula E- Jakarta E-prix

"Untuk semua kepentingan apapun ya kita kan adanya di Bank DKI, ditaruh, disimpan di Bank DKI. Semya APBD kita simpan di rekening bank DKI, jadi semuanya pasti melalui Bank DKI," terangnya.

Diketahui, Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Achmad Firdaus meminjam uang sebesar 10 juta poundsterling atau Rp 180 miliar pada tahun 2019 untuk membayar commitment fee Formula E.

Baca Juga:

Pimpinan DPRD DKI Pastikan Anggaran Formula E tidak Ada Dalam APBD 2022

Utang commitment fee Formula E tersebut terungkap dari Surat Kuasa no. 747/-072.26 tanggal 21 Agustus 2019 dari Gubernur kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) tentang Permohonan Pinjaman Daerah dari Pemprov DKI kepada PT Bank DKI Dalam Rangka Penyelenggaraan Formula Electric Championship.

“Baru kali ini ada gubernur bela-belain utang demi mengadakan acara balapan mobil, bukan untuk hal yang mendesak seperti membayar gaji pegawai atau mengatasi bencana banjir," kata anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan, Anggara Wicitra Sastroamidjojo. (Asp)

#Wagub DKI Jakarta #Formula E
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan