Wagub DKI Klaim Seluruh Ibu Kota di Dunia Tengah Krisis Lahan Pemakaman

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 23 Januari 2021
Wagub DKI Klaim Seluruh Ibu Kota di Dunia Tengah Krisis Lahan Pemakaman
/media/d4/5a/59/d45a5914174236930ee434ee7b958470.jpg

Merahputih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan permasalahan krisis lahan pemakaman khusus jenazah pasien COVID-19 tidak hanya terjadi di Jakarta. Di daerah lainnya juga mengalaminya, bahkan di Ibu Kota seluruh dunia.

"Masalah (krisis) makam memang secara umum. Ibu kota di seluruh dunia memiliki kompleksitas tersebut, tanah untuk gedung, jalan, waduk, termasuk untuk pemakaman," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat (22/1).

Baca Juga:

Anak Buah Anies: Kuburan COVID-19 Tersisa 600 Liang Lahad

Riza tidak menampik bahwa angka kematian akibat COVID-19 melonjak. Sehingga jumlah lubang makam di berbagai TPU yang dijadikan makam khusus jenazah COVID-19 menyusut seperti di Pondok Ranggon (Jakarta Timur), Tegal Alur (Jakarta Barat) dan Serengseng Sawah (Jakarta Selatan).

Karena itu, Pemprov DKI sedang menyiapkan sejumlah cara untuk keluar dari masalah ini. Mengingat kasus COVID-19 terus meroket dua bulan terakhir. Salah satu caranya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan lima TPU khusus COVID-19 di berbagai wilayah Jakarta.

"Seperti Srengseng Sawah, Bambu Wulung, Semper, Joglo dan pemakaman umum lainnya," ujarnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Foto: MP/Asropih

Karena itu, warga tidak perlu panik menanggapi kabar krisis lahan pemakaman. Namun dia juga tidak memastikan waktu pembukaan lahan baru untuk pemakaman jenazah COVID-19.

"Sekali lagi, warga Jakarta tidak perlu khawatir. memang semuanya ada peningkatan yang luar biasa. Tapi kami terus mengupayakan berbagai dukungan fasilitas sebaik mungkin, termasuk pemakaman," tuturnya.

Baca Juga:

Menkes Budi Sadikin Minta KPK Kawal Pengadaan Vaksin COVID-19

Pemprov DKI sedang mengalami krisis lahan makam COVID-19 akibat penuhnya TPU Tegal Alur dan TPU Pondok Ranggon, sementara TPU Rorotan saat ini belum bisa digunakan untuk memakamkan jenazah pasien COVID-19.

Sementara itu, seperti dikutip Antara, pengelola TPU Srengseng Sawah Kepala Satuan Pelaksana Zona 15, Sutandyo, memperkirakan dalam beberapa hari, TPU Srengseng Sawah tidak bisa lagi menerima jenazah COVID-19. (*)

#Wagub DKI Jakarta #Ahmad Riza Patria
Bagikan
Bagikan