Wagub DKI: Kasus Pertama Omicron Diduga Terpapar dari WNA

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 16 Desember 2021
Wagub DKI: Kasus Pertama Omicron Diduga Terpapar dari WNA
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Kasus pertama COVID-19 varian Omicron terdeteksi di Indonesia pada seorang petugas kebersihan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

"Kami mendapat informasi melalui Kemenkes adanya Omicron yang masuk Jakarta melalui WNA dan ada orang kita (WNI) yang sekarang berada di Wisma Atlet," kata Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (16/12).

Saat ini, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini menuturkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI tengah melakukan pengecekan ulang untuk mengonfirmasi informasi yang diterima Pemprov DKI.

Baca Juga:

Bijak Bepergian dan Disiplin Prokes Jadi Kunci Terhindar dari Omicron

Dengan temuan Omicron di Jakarta, ia mengatakan, Pemprov DKI akn menguatkan upaya 3T, yakni testing, tracing, dan treatment. Lalu, terdapat peningkatan pengawasan setiap pelaku perjalanan dari luar negeri.

"Tentu yang perlu ditingkatkan adalah kami semua, pemerintah pusat dan daerah, memastikan semua proses yang masuk ke Jakarta harus lebih ditingkatkan lagi yang bersangkutan dari luar negeri untuk memastikan bahwa yang bersangkutan tidak terpapar varian Omicron," jelas Riza.

Pria kelahiran Banjarmasin, Kalimantan ini mengungkapkan, petugas kebersihan yang terpapar Omicron bukan warga ber-KTP Jakarta. Ia hanya bekerja di Wisma Atlet.

"Informasi yang kami terima bukan warga Jakarta," ungkap Riza.

Baca Juga:

Wagub Sebut Pasien Pertama Omicron di Wisma Atlet Bukan Warga Jakarta

Diketahui, Pemerintah mengumumkan kasus pertama konfirmasi COVID-19 varian Omicron pada hari ini yang menyerang petugas kebersihan di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran Jakarta.

Selain pasien yang sudah terkonfirmasi positif varian Omicron, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga mendeteksi lima kasus probable Omicron.

Dua kasus merupakan WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris, dan 3 kasus adalah WNA asal Tiongkok yang datang ke Manado.

Petugas kebersihan RS Wisma Atlet yang terkonfirmasi Omicron diketahui tidak memiliki histori perjalanan ke luar negeri. Ia diduga tertular dari pasien yang sedang menjalani karantina. (Asp)

Baca Juga:

Satgas COVID-19 Investigasi Sumber Penularan Kasus Omicron di Wisma Atlet

#COVID-19 #Omicron
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan