Wagub DKI Beberkan Program Penanganan Banjir di Jakarta Banjir di Jakarta. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membeberkan sejumlah program dalam mengantisipasi banjir di ibu kota. Salah satunya pengerukan 13 sungai yang ada di Jakarta.

Adapun 13 sungai milik pemerintah pusat yang ada di Jakarta itu di antaranya Kali Angke, Kali Baru Barat, Kali Baru Timur, Kali Buaran, Kali Cakung, Kali Ciliwung, Kali Cipinang.

Kemudian Kali Grogol, Kali Jati Kramat, Kali Krukut, Kali Mookervaart, Kali Pesanggrahan, Kali Sekretaris, dan Kali Sunter.

Baca Juga

Seminggu ke Depan, 29 Wilayah Indonesia Alami Hujan Lebat Disertai Petir

"Berbagai program yang di antaranya program 'Grebek Lumpur' kami melakukan pengerukan di 13 sungai (di Jakarta)," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Jakarta Pusat, Minggu (18/10).

Selanjutnya, Pemprov DKI juga akan melakukan pengerukan Danau, Situ, dan Embung yang ada di Jakarta.

"Membuat sodetan-sodetan dan juga mempersiapkan seluruh pompa yang kami miliki, diperbaiki, dievaluasi, dan memastikan seluruh petugas jajaran siap," tuturnya.

Ilustrasi banjir
Ilustrasi banjir jakarta. (Foto: Antara).

Pemprov DKI Juga menyiapkan program early warning system. Bahkan menyiapkan drainase vertikal atau sumur resapan biopori. Program tersebut, klaim Riza, mendapat dukungan Presiden Jokowi dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Ada dukungan dari Menteri PUPR, Pak Basuki juga Presiden membantu menyiapkan dua waduk besar, di Ciawi dan di Cimahi," beber Riza.

Rencananya proyek pengerjaan dua waduk itu akan rampung pada tahun 2021 mendatang. Politikus Gerindra inu mengklaim, program-program tersebut mampu mengurangi 11 persen banjir di ibu kota Jakarta.

Baca Juga

Mengenal 'Monster Laut Kaspia' yang Kini Jadi Obyek Wisata

"Setidaknya bisa mengurangi 11 persen potensi banjir di Jakarta," pungkasnya. (Asp)

Kredit : asropihs


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH