Wagub DKI Ajak Warga Olahraga Cegah Osteoporosis

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 09 Agustus 2022
Wagub DKI Ajak Warga Olahraga Cegah Osteoporosis
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pemerintah DKI Jakarta mencanangkan 'Gerakan DKI Jakarta Melawan Osteoporosis'. Kegiatan ini menjadi bagian penting dalam rangka mengampanyekan dan mengantisipasi gejala osteoporosis atau pengeroposan tulang yang bisa dialami masyarakat ibu kota.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI, Ahmad Riza Patria mengatakan, program tersebut merupakan upaya pencegahan strategis Pemerintah DKI, mengingat pencegahan lebih efisien daripada mengobati. Sebab jika telah terlanjur sakit, maka akan lebih memerlukan biaya dan waktu.

Baca Juga:

Wapres RI Ma'ruf Amin Resmikan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

"Kesehatan itu modal utama dalam mewujudkan masyarakat Jakarta yang lebih maju dan berkualitas. Kota Jakarta akan maju jika masyarakat sehat badannya dan jiwanya, kuat imannya, cerdas pikirannya, dan bersemangat dalam berkarya. Kalau warganya sehat, Jakarta akan menjadi kota yang maju," kata Riza, Selasa (9/8).

Lebih lanjut, Riza mengatakan, kurangnya pemahaman pada sebagian masyarakat tentang pentingnya aktivitas fisik dan pola makan dengan gizi seimbang diyakini jadi penyebab peningkatan jumlah pasien osteoporosis.

Menurutnya, penyakit Osteoporosis perlu diwaspadai karena menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), 50 persen kejadian patah tulang panggul bisa menyebabkan kecacatan seumur hidup dan meningkatkan angka kematian.

Baca Juga:

Perempuan Rawan Osteoporosis, Kok Bisa?

"Meski tidak bisa dicegah, tingkat keparahan osteoporosis masih bisa dihambat dengan rutin berolahraga dan meningkatkan asupan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua nutrisi ini penting untuk metabolisme pembentukan tulang," ujar Riza.

Orang nomor dua di Jakarta ini juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bisa menyukseskan program pencegahan pengeroposan tulang. Sambung dia, jika masyarakat Jakarta mampu mencegah dan mampu merawat pengeroposan tulang, maka masyarakat Jakarta akan lebih produktif.

"Marilah sama-sama kita bangun kehidupan masyarakat Jakarta yang sehat dengan cara melakukan aktivitas yang benar-benar mendukung kehidupan yang sehat, baik dengan pola makan maupun perilaku hidup bersih dan sehat," ucapnya. (Asp)

Baca Juga:

Bumil dan Busui Juga Bisa Kena Osteoporosis

#Olahraga #Jakarta #Ahmad Riza Patria #Osteoporosis Hilang
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan