Wacana Penggulingan Jokowi, Sikap Netizen Terbelah

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 07 April 2015
Wacana Penggulingan Jokowi, Sikap Netizen Terbelah
Screenshot berita dan tanggapan netizen soal April Mop Penggulingan Jokowi.

MerahPutih Politik - Wacana penggulingan Presiden Joko Widodo dari tampuk kekuasaan ditanggapi beragam oleh pengguna media sosial internet (netizen).

Sebagian pihak menghendaki mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut segera turun dari tampuk kekuasaan dengan baik-baik lantaran dinilai gagal menjalankan roda pemerintahan.

Namun sebagian lain tetap mendukung Presiden Jokowi untuk terus berada dalam tampuk kekuasaan dengan alasan, butuh waktu panjang bagi Presiden Jokowi untuk memperbaiki kondisi Indonesia yang sudah kadung carut marut.

Beragam tanggapan tersebut disampaikan netizen terkait sebuah berita yang diturunkan redaksi pada Rabu (1/4) dengan judul April Mop, Jokowi Umumkan Pengunduran Diri. Mundurnya Presiden Jokowi pertama kali beredar di situs jejaring sosial Facebook.

Namun demikian, saat diklik oleh banyak penggunana jejaring sosial (netizen) ternyata berita mundurnya Presiden Jokowi adalah sebuah kejutan yang terjadi pada bulan April atau April Fools. Saat mengklik berita tersebut puluhan ribu netizen juga merasa tertipu, ada pula yang sadar bahwa ini hanya berita April Mop.

Penelusuran merahputih.com, tautan tentang rencana pengunduran diri Jokowi tersebut berasal dari laman feednewz.com. Melalui situs tersebut, netizen bisa membuat judul apapun untuk di-share melalui situs jejaring sosial Facebook.

Daftar dari judul-judul yang 'menggemaskan' netizen untuk meng-kliknya ditampilkan di laman http://prank.link/alljokes.php. Situs tersebut hanyalah situs yang diisi oleh orang-orang yang ingin mengejutkan netizen lainnya. Tidak hanya Jokowi, di dalam list kejutan juga terdapat judul menggemparkan, Presiden Barack Obama menyatakan pengunduran dirinya. BACA SELANJUTNYA

 

Namun demikian, meski berita tersebut adalah sebuah kejutan, banyak netizen yang menanggapinya dengan serius. Beberapa dari netizen sepakat bahwa Presiden Jokowi harus segera turun dari tampuk kekuasaanya.

"BBM naik, beras mahal, listrik mahal, gas mahal, Jokowi Merkayat = Menyengsarakan Rakyat," tulis akun facebook Rizki Didan Tsubasa.

"Mundur Mundurlah, apa susahnya," tulis akun Facebook Muhammad Jamal Us.

"Yg mau Jokowi terus jadi Presiden apa otak udang ya? masa petruk dadi ratu," tulis akun Ahmad Fathoni.

"Mundur itu mungkin lebih baik daripada diberhentikan ... Karena itu lebih terhormat," tulis akun Doen Teguh.

"Mundur Ae lah," tulis akun Van Der Jack.

Sementara itu, beberapa netizen masih memberikan dukungan kepada Presiden Jokowi untuk melanjutkan roda pemerintahan selama lima tahun kedepan. Dukungan tersebut diberikan lantaran bukan perkara mudah bagi Presiden Jokowi memperbaiki kondisi bangsa Indonesia yang sudah demikian rusak.(Baca: Bertambahnya Uang Muka Mobil Pejabat, Presiden Paling Bertanggung Jawab)

"Pantang mundur bapak Jokowi aku dibelakangmu jalan terus," tulis akun Idol Kuta.

"INI adalah perbuatan org2 yg menghina diri... yg menyatakan Jokowi mundor dari tampok presiden... itu manusia yg sifat iri. yg ingin merusak bangsa sendiri itu org munafik," tulis akun facebook Hosni Sani.

"Maju terus pak Jokowi jangan mundur, jgn dengar kata mereka yg sirik pak Jokowi nak jd presiden. Ayoo lanjutkan perjuangan, salam 2 jari," tulis akun Cummang Cummang. (bhd)

#Pemerintahan Jokowi-JK #Netizen #Presiden Jokowi #April Mop
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan