Volume Kendaraan Tol Cipali Mulai Menurun

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 27 Juni 2017
Volume Kendaraan Tol Cipali Mulai Menurun
Situasi GT Palimanan, Cirebon, Selasa (27/6) sore. (Dok PT LMS)

Volume kendaraan di Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) khususnya di Gerbang Tol (GT) Palimanan utama pada hari H+1 siang, Selasa (27/6), hingga pukul 14.00 WIB turun 21 persen menjadi 22.128 unit dari Senin siang yang masih 28.058 unit.

Pada Selasa siang di hari H+1 Lebaran, Selasa (27/6) pukul 06.00 – 14.00 WIB, kendaraan pemudik yang keluar dari GT Palimanan utama Tol Cipali arah Cirebon masih mendominasi yakni 13.481 unit atau turun 38 persen, dari posisi kemarin siang yang masih 21.872 unit. Namun, kendaraan arus balik arah Jakarta yang masuk GT Palimanan utama meningkat 40 persen menjadi 8.647 unit dari sebelumnya 6.186 unit.

“Terlihat tren penurunan arus lalu lintas di Tol Cipali pada siang ini, setelah selama dua hari Lebaran mengalami peningkatan. Meski demikian, arus lalin yang keluar masuk Tol Cipali dari GT Palimanan utama ini masih lebih tinggi dua kali lalu lintas normal di siang hari yang biasanya 10.000 unit,” kata Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Firdaus Azis, Selasa (27/6).

Sehubungan dengan kecepatan berkendara di jalur jalan Tol Cipali sudah bisa dipacu lebih kencang karena volume lalu lintas sudah berkurang, LMS mengimbau agar pengemudi tetap mematuhi batas kecepatan maksimal 100 km/jam, dan diharapkan tetap menjaga jarak aman sesuai kecepatan.

Pengemudi juga diimbau agar pada saat melewati Km 92+300 B arah Jakarta untuk berhati-hati karena ada pengalihan jalur, yaitu penutupan lajur 1 ke lajur 3 median (widening). Demi menjaga kelancaran, LMS telah memasang rambu-rambu dan MWB/rubber cone sebagai petunjuk pengalihan jalur untuk para pengemudi.

LMS juga mengimbau kepada pengemudi bus, karena tidak semua gardu satelit di GT Palimanan utama bisa dilewati kendaraan bus, agar mengambil lajur yang disediakan dan mengikuti arahan petugas pengatur lalu lintas di gerbang tol. Hal ini agar tidak menutupi kendaraan lain saat memasuki gardu tol, dengan demikian dapat menjaga kelancaran di gardu tol.

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya di: Kendaraan Arus Balik Di Tol Cipali Mulai Meningkat

#Tol Cipali #Arus Balik Mudik
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan