Volkswagen Uji Coba Mobil Aero B EV, Calon Penantang Tesla Model 3?

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 24 Mei 2022
Volkswagen Uji Coba Mobil Aero B EV, Calon Penantang Tesla Model 3?
VW Aero B tengah diuji coba. (Foto: Auto Express)

PABRIKAN otomotif asal Jerman Volkswagen dikabarkan tengah menguji coba mobil listrik terbarunya Aero B, yang akan segera dirilis beberapa waktu mendatang. Auto Express melaporkan mobil yang tengah dites di Jerman ini menawarkan desain tegas dan tajam, calon penantang kuat Tesla Model 3.

Mobil sedan listrik penuh tersebut akan memiliki desain yang tak jauh berbeda dengan mobil-mobil VW ID seperti ID.3, ID.4, ID.6, dan lainnya. Bagian depan mobil didesain cukup pendek dan rendah untuk meraih performa aerodinamika yang tinggi, dilengkapi dengan bagian grille dan lampu depan yang seolah mengambil bahasa desain dari SUV ID.4.

Dalam foto yang beredar, grillenya memang masih berbentuk kamuflase alias masih ditutup oleh pihak Volkswagen dan belum dapat diketahui seperti apa bentuk aslinya. Namun, diprediksi akan memiliki desain yang serupa dengan mobil-mobil VW lainnya.

Baca juga:

Menilik Tampilan VW Combi Versi Listrik

Konsep desain VW Aero B. (Foto: Auto Express)

Mobil tersebut dikabarkan siap dijual mulai 2023 mendatang sebagaimana mobil konsep Aero B telah diperkenalkan sejak hajatan Geneva Motor Show 2018 lalu. Mobil ini juga digadang-gadang akan menjadi penantang berat Tesla Model 3 dalam hal performa dan ketahanan.

Bos Volkswagen pada 2018 lalu mengatakan Aero B akan memiliki kemampuan tempuh dalam satu kali pengisian daya penuh hingga 600 km. Bahkan dengan berbagai pembaruan teknologi yang diadopsi Volkswagen, mobil tersebut diprediksi bisa menempuh lebih dari jarak yang telah disebutkan tadi.

Dalam sebuah presentasi di hajatan UBS Paris Electric Car Day, Volkswagen membeberkan perkembangan dari MEB Platform yang pertama kali akan disematkan pada Aero B. Sistem baterai dan motor baru akan mampu membuat mobil tersebut menempuh jarak hingga 700 km.

Baca juga:

VW Aero B tengah diuji coba. (Foto: Auto Express)

Sistem baru tersebut bahkan bisa meningkatkan kemampuan pengisian daya ulang baterai dari 150kW menjadi 200kW sehingga untuk mengisi daya dari 10% ke 80% hanya dibutuhkan waktu sekitar kurang dari setengah jam. Terlebih dengan jarak sumbu roda yang panjang, VW pasti bisa menyematkan baterai besar berukuran 77kWh.

Tentu performanya juga tak main-main sebab mobil tersebut akan dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda versi GTX. Sistem ini menawarkan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,5 detik saja. Besaran tenaga yang akan dimuntahkan diprediksi berkisar di angka 295 dk dan torsi 310 Nm. (waf)

#Mobil
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan