Volkswagen Golf GTI dan Golf R 2025 Versi Manual akan Dihilangkan

Soffi Amira PutriSoffi Amira Putri - Selasa, 13 Februari 2024
Volkswagen Golf GTI dan Golf R 2025 Versi Manual akan Dihilangkan
Golf GTI dan Golf R 2025 tak akan ada versi manual. (Foto: Volkswagen)

MerahPutih.com - Volkswagen sebelumnya memperkenalkan prototipe Golf GTI 2025 di CES Las Vegas pada bulan lalu. Namun, pengungkapan resmi baru dilakukan di Eropa pada beberapa minggu kemudian.

Meski belum ada detail spesifikasi untuk model AS, prototipe tersamarkan muncul dalam FAT Ice Race Aspen di Colorado. VW Amerika telah mengonfirmasi, bahwa girboks manual enam kecepatan akan dihilangkan setelah model 2024.

Baca juga:

Produksi Volkswagen GTI dan Golf R Versi Manual Berakhir di 2024

Jerohn Anderson dari Volkswagen Amerika mengungkapkan, transmisi manual tidak akan tersedia untuk Golf GTI dan Golf R setelah MY2024, demikian diwartakan Motor1, Senin (12/2).

Meski begitu, beberapa laporan mengindikasikan kemungkinan perubahan keputusan berdasarkan peraturan Euro 7 yang lebih longgar. Golf GTI spesifikasi Euro akan memulai debutnya hanya dengan DSG, yang berdampak pada versi Amerikanya.

Penjualan Golf GTI versi manual di AS hanya menyumbang sekitar lima persen dari total volume pada 2023. Hal itu pun membuat keberlanjutan pedal kopling di Amerika Utara menjadi tidak sebanding dengan kerumitannya.

Baca juga:

Mobil F1 Alpine A524 Tampil Segar dengan Desain Livery Kontemporer

Golf R versi manual menjadi opsi favorit penggemar
Golf R versi manual menjadi opsi favorit penggemar. (Foto: Volkswagen)

Meski ada sedikit kelonggaran dalam undang-undang Euro 7, Golf MK8.5 sebagian besar telah dikembangkan. Meskipun Golf R tidak ditawarkan dengan transmisi manual di Eropa, konsumen Amerika masih memiliki opsi manual.

Namun, Golf R akan dijual secara ketat dengan transmisi otomatis mulai model 2025. VW juga belum mengungkapkan, apakah Golf GTI 2025 di AS akan mendapatkan peningkatan tenaga yang ditawarkan oleh model revisi di Eropa.

Selain itu, VW belum menyebutkan secara resmi Golf R yang direvisi, tetapi sudah menampilkan model tersamarnya di Ice Race di Austria. Rencananya, Golf R yang direvisi akan diperkenalkan sekitar musim panas ini.

Belum ada konfirmasi apakah pasar Asia Tenggara akan menerima Golf R lainnya. Kemudian, belum ada kejelasan apakah varian tertinggi akan mendapatkan peningkatan tenaga.

Tentunya, ini akan menjadi pembaruan terakhir GTI dan R sebelum VW beralih sepenuhnya ke mobil listrik, dalam era listrik dengan logo GTI yang direvisi. (waf)

Baca juga:

Volkswagen Sematkan ChatGPT ke Teknologi Mobilnya

#Otomotif #Mobil #Volkswagen
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan