Vlog Boy William Bareng Jokowi: Blak-blakan Menu di Istana hingga Kuliner Bogor Favorit Boy William bersama Presiden Jokowi saat vlog #NebengBoy. (Foto: instagram.com/boywilliam17)

PRESIDEN Joko Widodo terkenal sebagai orang sederhana. Tak hanya pakaian, tapi juga soal kuliner atau santapan baik saat di istana maupun di luar.

Dalam sebuah vlog bersama Boy William berjudul Aslinya Jokowi Terungkap! Boy William Kaget! - #NebengBoy S2 Eps. 13, Jokowi bercerita sedikit kehidupannya sebagai presiden.

Dalam vlog #nebengboy itu, Boy William bertanya bagaimana makanan di istana disediakan. Boy bertanya, apakah sama seperti pernyataan mantan Ibu Negara AS Michelle Obama bahwa makanan di White House enggak gratis, atau semuanya harus bayar. Apakah sama dengan Istana Kepresidenan di Indonesia?

1. Menu tahu-tempe di Istana Bogor

Boy William bersama Presiden Jokowi saat vlog #NebengBoy. (Foto: instagram.com/boywilliam17)
Boy William bersama Presiden Jokowi saat vlog #NebengBoy. (Foto: instagram.com/boywilliam17)

"Di Indonesia memang ada anggaran untuk makan untuk presiden dan keluarga. Juga ada disediakan koki," kata Presiden menjawab Boy. Lalu Boy menimpali, "Jadi, apa aja yang Bapak mau dikasih?"

"Ya, makanan saya apa sih. Orang saya makan setiap hari paling penginnya tempe, tahu, sama pecel," kata Jokowi.

2. Soto dan asinan jadi favorit Jokowi dan keluarga

Tak hanya berkendara di seputaran Istana Bogor, Boy William juga mengajak Jokowi makan ke luar istana. Bersama mereka, diajak juga anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, istri Gibran, Selvi Ananda, dan sang anak, Jan Ethes.

"Soto kita itu enak. Soto Bogor enak, makanan Bogor enak-enak. Asinan enak," kata Jokowi setelah keluar dari sebuah rumah makan dan masuk kembali ke mobil. Tak hanya Jokowi, sang cucu, Jan Ethes, yang masih kecil juga penyuka soto.

3. Lima kuliner wajib dicicip di Bogor

 Soto kuning Bogor. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansyah)
Soto kuning Bogor. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansyah)

Nah, selain kuliner favorit Jokowi, yaitu soto dan asinan Bogor, berikut lima kuliner khas Bogor yang wajib kamu coba saat melancong ke Bogor.

1. Asinan Bogor

Nah, ini akanan favorit Boy William dan juga Jokowi. Asinan Bogor terdiri dari 3 jenis, yaitu asinan sayur, buah, dan kombinasi antara buah dan sayur.

Asinan sayur terdiri dari sayur mayur seperti taoge, kol, dan mentimun. Sementara untuk buah yang biasa digunakan untuk asinan Bogor yaitu bengkuang, salak, nanas, serta jambu.

Secara umum, asinan Bogor memang tak jauh berbeda dengan asinan khas daerah lainnya, yang membedakannya yaitu kuahnya. Kuah pada asinan Bogor dibuat dari saripati cabai merah.

2. Soto kuning

Kalau Jokowi saja suka, kamu harus coba ketika berkunjung ke Bogor. Salah satu jenis soto Bogor yaitu soto kuning. Soto kuning Bogor sendiri terdiri dari beberapa potongan daging sapi dan jeroan yang dipadu dengan kuah kuning kental, rempah-rempah, irisan buah tomat segar, emping, serta ditambah dengan perkedel.

Bagi Anda yang ingin mencicipi soto kuning Bogor, salah satunya yaitu di Jalan Surya Kencana dan juga di sekitar area Kebun Raya Bogor, yang juga tak jauh dari Istana Bogor.


3. Semur peranakan

Semur peranakan Bogor merupakan salah satu resep semur unik dari 'Kota Hujan'. Daging sapi sengkel dan kentang dimasak bersama-sama dan menjadi semur yang mirip-mirip bistik rasanya. Semur peranakan tentu sangat pas buat dicoba saat kamu berlibur ke Bogor.

Semur peranakan khas Bogor berbahan potongan daging sapi sengkel dan kentang. Beragam bumbu rempah menambah cita rasa semur peranakan. Bagi Anda yang sudah pernah mencicipinya, pasti akan ketagihan.

4. Tauge goreng

Sesuai dengan namanya tauge goreng, kuliner Bogor yang satu ini terdiri dari tauge yang direbus yang dikombinasikan dengan mi telor kuning, beberapa irisan tahu goreng, lalu untuk sentuhan akhir disirami dengan bumbu yang berbahan dasarkan oncom, tauco serta kecap manis.

Dengan kombinasi beberapa bahan serta bumbu, taoge goreng akan memberikan Anda sensasi rasa manis, asam, dan asin yang sangat nikmat.

5. Doclang

Doclang merupakan makanan tradisional khas Bogor yang terbuat dari lontong dengan siraman bumbu kacang kental. Doclang umumnya disantap pada saat sarapan, terdiri atas irisan lontong ukuran besar yang dibungkus daun patat, kentang, tahu, kerupuk, dan telur rebus. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Festival-Festival Kuliner Paling Keren di Dunia, Destinasi Wajib untuk 'Food Traveller'

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH