Virus Corona Rentan Dibawa Masuk ke Indonesia Oleh Orang-Orang Ini Sejumlah warga memakai masker saat berjalan menuju stasiun bawah tanah kereta subway di Kota Beijing, Tiongkok, Selasa (21/1/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee/wsj.

MerahPutih.com - Komisioner Ombudsman RI Laode Ida meminta pemerintah Indonesia mengeluarkan larangan sementara bagi pekerja dan wisatawan Tiongkok masuk ke Indonesia guna menghindari penularan virus Corona ke Indonesia.

Laode juga meminta pemerintah segera mendata dan melakukan pemeriksaan khusus terhadap para pekerja Tiongkok yang sudah terlanjur berada di Indonesia untuk memastikan mereka terbebas dari virus corona.

Baca Juga

RSUD Dokter Soetomo Surabaya Rawat Seorang Warga Tiongkok di Ruang Isolasi Khusus

Menurut Laode, perlindungan terhadap nyawa warga negara Indonesia jauh lebih utama ketimbang membebaskan masuknya pekerja asal China atas nama investasi. Sebab, penyebaran virus corona di dunia semakin tak terkendali.

"Karena virus yang mematikan itu sudah terbukti bersumber dari China, dan pemerintah Indonesia memiliki kewajiban asasi untuk melindungi warganya dari bahaya kontaminasi dari virus yang kemungkinan dibawa oleh para pekerja atau para wisatawan China," ujarnya kepada wartawan, Senin (27/1).

laode ida
Komisioner Ombudsman RI Laode Ida (Foto Istimewa)

Menurut Laode, para pekerja asal Tiongkok hampir tiap hari masuk ke Indonesia, khususnya ke Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah. Ombudsman RI pada 2018 sudah melakukan investigasi ke sejumlah daerah dan menemukan fakta bahwa mereka umumnya pekerja di smelter-smelter PMA asal China.

Laode menyarankan ada pemeriksaan secara khsusus terhadap para pekerja Tiongkok itu. Apalagi, kata dia, penyebaran virus corona ini sudah menimbulkan korban jiwa di Tiongkok, Singapura dan Thailand.

"Untuk memastikan mereka (pekerja asal Tiongkok) terbebas dari virus mematikan tersebut," tutur Laode. "Perlindungan terhadap nyawa warga negara Indonesia adalah jauh lebih utama ketimbang membebaskan pekerja asal China atas nama Investasi."

Baca Juga

Paus Fransiskus Puji Tiongkok Dalam Penanganan Virus Corona

Virus corona (coronavirus) tengah menjadi perhatian dunia. Pasalnya selain mulai menyebar di kota Wuhan, China, virus corona jenis baru tersebut juga terdeteksi hingga Amerika Serikat.

Berdasarkan informasi dari Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, virus corona memiliki kemiripan seperti virus SARS dan MERS yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya. Hingga Senin pagi, Pemerintah Tiongkok menyatakan, korban meninggal akibat wabah virus corona mencapai 80 orang dengan lebih dari 2.300 orang terinfeksi. (Knu)

Baca Juga

Batik Air Bantah Penumpang Rute Balikpapan-Jakarta Terinfeksi Virus Corona


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH