Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Imbauan Ridwan Kamil untuk Warga Jabar

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 03 Maret 2020
Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Imbauan Ridwan Kamil untuk Warga Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi keterangan kepada wartawan terkait dua warga Depok yang dinyatakan positif Covid-19 di Balaikota Depok, Senin (2/3/2020) malam. (Dok Humas Pemprov Jabar)

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan imbauan kepada seluruh warga Jabar untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa dan tidak panik memborong masker dan sembako terkait dua warga Depok dinyatakan positif Covid-19,

"Pertama, jaga kesehatan, makin fit, makin bugar, makin mudah virus itu dilawan," ujarnya di Depok, Senin (2/3)

Baca Juga

2 WNI Positif Virus Corona, Menkes Terawan Dianggap Kecolongan

Kemudian, Kang Emil menjelaskan masyarakat untuk tidak panik membeli masker karena merujuk pada pernyataan Menteri Kesehatan RI, masker hanya untuk orang sakit.

"Jangan sampai orang sakit butuh, ternyata habis dibeli oleh yang sehat yang tidak memerlukan masker. Saya imbau warga Depok untuk tetap tenang dan memberikan kesempatan kepada yang membutuhkan," katanya dilansir Antara.

Supaya stok masker di layanan kesehatan di Kota Depok aman, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar menyalurkan 10 ribu masker kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

"Karena itulah kami tadi membawa 10 ribu masker, kami titipkan ke Pak Wali Kota untuk disimpan di titik-titik layanan kesehatan," katanya.

Kang Emil menyatakan akan menindak tegas oknum yang memanfaatkan isu Covid-19 dengan menimbun masker dan menjualnya dengan harga tinggi.

"Saya sampaikan kalau ada penimbunan yang motifnya mencari keuntungan, tolong ditindak," ucapnya.

Baca Juga

Warga Depok Positif Corona, Ganjar: Warga Jateng Tidak Perlu Panik

Selain itu, dia mengimbau warga Jabar untuk tidak panik dalam membeli sembako. Sebab, suplai dan permintaan sembako di Jabar masih normal.

"Imbauan terakhir jangan panik juga membeli sembako yang tidak perlu. Pasokan dan permintaan sembako kita normal-normal saja. Jangan sampai panik oleh berita-berita yang membuat kondisi membeli karena panik (panic buying)," pungkasnya.

Berikut Nomor Hotline Covid-19 Dinas Kesehatan Provinsi Jabar: 08112093306. (*)

#Ridwan Kamil #Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan