Viral Video Ahok Marah-Marah di TPS Osaka Sebelum Pamer Coblos Satu Jari Basuki Tjahaja Purnama menunjukkan jarinya usai menggunakan hak suaranya (@basukibtp)

MerahPutih.com - Video mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok marah-marah saat pencoblosan Pemilu 2019 di TPS Osaka, Jepang, beredar di publik. Sosok yang juga akrab disapa BTP itu merasa urutannya diserobot WNI yang belum terdaftar Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

"Tadi kesannya walaupun saya di nomor 8, kalau ini duluan kertas suara habis saya hilang hak suara saya," kata Ahok, sambil menunjuk-nunjuk massa pemilih lainnya, seperti dilansir dalam video yang beredar kemarin.

Ahok pun sempat menuding ada oknum yang menghalangi dirinya untuk menyalurkan suaranya dalam pencoblosan yang digelar Osaka, Jepang. "Saya sudah antre dibilang enggak boleh, antre, padahal sudah bawa form A5 yang untuk nyoblos di luar negeri. Jadi hampir saja dikerjai oknum tadi," tutur dia.

Menurut Ahok, aksi yang dilakukan oknum itu memaksa dirinya untuk bersikap tegas dan kembali marah-marah. "Saya berusaha tidak marah setelah ke luar penjara. Tapi menghadapi oknum begitu rasanya mesti marah juga biar dia takut," imbuh pria yang baru bebas dari tahanan usai vonis kasus penistaan agama awal Februari lalu.

Sementara itu, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Osaka menjelaskan insiden yang melibatkan Ahok itu merupakan kesalahpahaman semata. Panitia menegaskan sama sekali tidak ada yang berusaha menghalangi Ahok menggunakan hak pilihnya.

Ketua PPLN Osaka Anung Wibowo membenarkan Ahok memang berada di urutan 8. Namun, lanjut dia, mantan Gubernur DKI itu sempat melayani warga yang mengajak berfoto sehingga urutannya dilewati.

"Tadinya kan Pak Ahok sudah antre, tapi dia harus pindah tempat karena banyak massa yang minta foto, terus ketika beliau kembali ke antrean lagi dikirain nyelak gitu, terus Pak Ahok enggak terima," tutur dia.

Anung menambahkan Ahok sempat terlibat adu mulut dengan pemilih lain, tetapi bukan karena masalah serius. "Cuma karena sama-sama ngomongnya keras, sama orang-orang Makassar, sedikit panas, itu juga sebentar enggak sampai 5 menit sudah selesai urusannya," tutup dia.

Kemarin, Ahok telah menggunakan hak suaranya dalam pemilu 2019. Ahok menggunakan hak suaranya di kota Osaka, Jepang. Bahkan, melalui akun instagramnya, @basukibtp, Ahok menunjukkan dirinya telah memilih. Hal itu ditandai dengan pose satu jari yang telah terkena tinta biru.

Selain menunjukkan jari yang telah tercelup tinta, dalam postingannya itu, Ahok juga mengenakan kemeja putih lengan panjang. Tak lupa, dalam keterangan fotonya, Ahok mengajak masyarakat untuk tidak golput.

"Baru saja selesai memberikan hak suara pada Pemilu 2019 di Osaka, Jepang. Ayo Memilih, Jangan Golput!" tulis Ahok dalam caption foto itu. (Ayp)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH