Viral! Modus Baru Penyelendupan Narkoba Lewat Drone Modus baru penyelundupan Narkoba lewat Drone (Foto: pixabay/powie)

SELAIN kamera Digital Single Lens Reflex (DSlR)dslr, mirroles, dan sebagainya, beberapa tahun belakangan ini tren fotografi dengan menggunakan drone juga banyak digandrungi. Lewat drone para penggemar fotografi bisa memotret dengan sudut pandang berbeda dan tak bisa dijangkau kamera biasa.

Selain untuk fotografi, drone juga kerap digunakan untuk videografi, seperti halnya pembuatan film maupun video klip. Namun, baru-baru ini drone justru disalahgunakan untuk tindakan kriminal.

Baca Juga:

Perusahaan Ini Gunakan Drone untuk Kirim Bantuan APD

Penyelundupan Narkoba lewat drone terjadi di Singapura (Foto: pixabay/pexels)

Kasus tersebut terjadi di Singapura. Terdapat empat orang tersangka dibekuk pihak berwajib usai diketahui menyelundupkan narkoba dari Singapura melintasi perbatasan Malaysia menggunakan Drone.

Seperti dilansir laman Ubergizmo, menurut Biro Narkotika Pusat Singapura, kepolisian setempat mencium kecurigaan aktivitas menggunakan drone di Taman Waduk Kranji.

Setelah itu, Polisi langsung menuju lokasi yang dicurigai untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Saat penyelidikan, polisi menemukan sebuah drone dengan tas melekat tengah melayang di udara. Lalu tanpa butuh waktu lama polisi menemukan dua dari empat tersangka tengah mengoperasikan drone.

Baca Juga:

Jurus Memilih Drone bagi Pemula

Polisi menemukan sejumlah obat-obatan terlarang usai membekuk dua tersangka yang mengoperasikan drone (Foto: pixabay/qimono)

Usai dilakukan penyelidikan lebih lanjut, Polisi menemukan tas tersebut berisi sejumlah obat-obatan terlarang. Setelah memeriksa mobil milik tersangka, ditemukan pula obat ilegal seperti sabu, heroin, dan ekstasi.

"Kedua pria tersebut diduga telah mengoperasikan drone dari Singapura, untuk mengimpor obat-obatan dari Malaysia. Data penerbangan dari ponsel tersangka menunjukan jika drone telah terbang dari Kranji ke Johor Bahru dan kembali lagi ke Kranji hari itu" kata Biro Narkotika Pusat (CNB) Singapura.

Digunakannya drone untuk tindakan kriminal seperti penyelundupan narkoba rupanya bukan pertama kalinya. Sebelumnya ada kejadian drone digunakan untuk menyelundupkan narkoba dan barang selundupan lainnya ke penjara. Selain itu, beberapa tahun lalu, bahkan terjadi upaya kabur dari penjara dengan drone digunakan untuk mengirimkan alat-alat penunjang untuk kabur. (Ryn)

Baca Juga:

Sebelum Menerbangkan Drone, Anda Perlu Perhatikan Hal Penting Ini

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH