Bea Cukai Mataram Angkat Suara Viral Dugaan Panitia 'Unboxing' Kargo Tim WSBK

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 11 November 2021
Bea Cukai Mataram Angkat Suara Viral Dugaan Panitia 'Unboxing' Kargo Tim WSBK
Tangkapan layar laporan dari Speedweek terkait dugaan 'unboxing' kargo tim WSBK (Speedweek)

MerahPutih.com - Kabar kurang menggembirakan datang dari dunia otomotif tanah air jelang bergulirnya seri terakhir Kejuaraan Dunia World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat 19-21 November 2021.

Dalam laporan media internasional, Speedweek, Rabu (10/11) oknum panitia lokal Mandalika Grand Prix Association (MGPA) diduga membuka secara ilegal boks kargo Ducati. Tak hanya itu, oknum tersebut juga membocorkan video serta foto-foto motor nomor 21 milik Michael Rinaldi.

Baca Juga:

Logistik World Superbike Mandalika Tiba di Bandara Lombok

Dalam laporan itu, Direktur Eksekutif SBK Gregorio Lavilla menyampaikan permintaan maaf kepada kubu asal Bologna, Italia tersebut.

"Kami sangat meminta maaf, insiden ini di luar kendali kami," tutur Lavilla dikutip dari Speedweek.com, Kamis (11/11). Lavilla menambahkan, "Karyawan bersangkutan telah dipecat."

Setelah berita itu viral di media sosial, Humas Bea dan Cukai Mataram memberikan keterangan pers terkait hal tersebut. Ada tiga poin penjelasan.

Pertama, pemeriksaan fisik atas barang impor dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan. Kedua, dalam melakukan pemeriksaan fisik barang impor dan ekspor, pejabat Bea dan Cukai selalu didampingi/disaksikan oleh importir atau kuasa pemilik barang atau pihak lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.

Ketiga, importir atau kuasanya menyiapkan barang untuk diperiksa, mengeluarkan kemasan di bawah pengawasan pejabat Bea dan Cukai, dan membuka kemasan yang akan diperiksa.

Tak lama, lewat akun instagramnya, Bea Cukai Mataram memposting foto-foto kedatangan logistik kebutuhan WSBK. Dalam foto tersebut, Bea Cukai Mataram memperlihatkan sejumlah kargo tengah diturunkan dari pesawat. Bahkan, motor yang akan digunakan untuk balapan ikut diposting.

Baca Juga:

1.500 Aparat Keamanan Jaga Ketat WSBK di Mandalika

Dalam keterangannya, Logistik dengan berat total 100 ton kebutuhan WSBK tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid pada senin (8/11) sekitar pukul 23.00 WITA dan selasa (9/11) sekitar pukul 14.20 WITA menggunakan pesawat kargo Boeing 777 milik maskapai Qatar Airways dari Doha.

"Implementasi carnet yang berlaku secara internasional memberikan kemudahan pelayanan dan pengawasan sehingga administrasi kepabeanan menjadi lebih cepat," tulis Bea Cukai Mataram.

Carnet meliputi ATA CARNET dan CPD Carnet. ATA Carnet (Admission Temporaire/Temporary Admission Carnet) adalah dokumen pabean internasional yang diterima sebagai Pemberitahuan Pabean dan juga berfungsi sebagai jaminan yang berlaku secara internasional serta digunakan untuk barang-barang keperluan selain sarana pengangkut dengan tujuan untuk dikendarai.

Baca Juga:

Sambut World Superbike Mandalika, Lombok Barat Gelar Festival Air

Penggunaan carnet dalam impor barang keperluan balapan IATC dan WSBK mendapat pembebasan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor.

"Diharapkan dengan kemudahan dan fasilitas tersebut, akan memperlancar arus barang dan menggerakkan ekonomi dalam mensukseskan pemulihan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata khususnya Sport Tourism," tutup akun Bea Cukai Mataram. (Knu)

#Superbike #World Superbike #Mandalika #Sirkuit Mandalika
Bagikan
Bagikan