Viral Foto di Samping Aidit Pidato, Jokowi: Heran Kok Gambarnya Ya Persis Saya Gitu foto tokoh PKI DN Aidit bersama sosok yang dikaitkan dengan Jokowi sebagai orang berdiri disamping mimbar pidato (Foto: wiki commons)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyesalkan masih banyak orang Indonesia yang percaya dirinya adalah sosok yang berada di samping DN Aidit, tokoh PKI yang sedang berpidato tahun 1955, dalam foto lawas yang viral di media sosial beberapa tahun belakangan.

Bahkan, Jokowi mengungkapkan sampai ada survei menyebutkan sekitar 9 persen atau hampir 9 juta orang Indonesia yang percaya foto itu benar-benar dirinya.

“Saya cek pidato tahun berapa sih? Tahun 1955, saya lahir saja belum, kok sudah ada di dekatnya ini,” kata Jokowi, di Jakarta, kemarin, yang dirilis laman resmi Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Rabu (31/10).

jokowi
Presiden Joko Widodo (Biro Pers Setpres)

Artinya, foto itu jelas-jelas hoaks karena saat kejadian Presiden Jokowi masih balita baru 4 tahun. Namun, Jokowi pun mengakui sosok dalam foto itu memang benar-benar mirip dirinya.

Jakowi sampai bertanya-tanya yang pintar yang membuat gambar, atau yang enggak bener orang-orang yang percaya sosok di samping Aidit dalam foto itu benar-benar dirinya.

“Saya heran kok gambarnya ya persis saya gitu, di dekatnya lagi kok persis. Aduh yang namanya media sosial ini memang nakal-nakal,” sesal Kepala Negara. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH