Viral Fenomena Semangka Persegi Asal Jepang, Enak Dilihat Tapi... Semangka Kotak asal Jepang jadi viral di media sosial (Foto: laughlin elkind/flickr)

BUAH semangka biasanya berbentuk bulat. Namun belakangan ini viral di media sosial tentang semangka kotak asal Jepang. Jika dilihat sekilas mungkin tampak aneh, dan semangka itu juga dikabarkan tak bisa dimakan.

Buah semangka berbentuk persegi tersebut merupakan sebuah bisnis besar di jepang, karena merupakan semangka varietas paling langka dan paling didambakan untuk dijual, seharga ribuan dolar per potongnya.

Baca Juga:

Niat Banget, Kakek ini Main Pokemon Go sambil Bersepeda

Pada tahun 2016 lalu, seorang pemilik supermarket menjadi sorotan internasional usai membayar USD 11.000 untuk anggur Ruby Rose, varietas anggur termahal di dunia.

Buah semangka persegi dibeli untuk menunjukan rasa hormat kepada seseorang (Foto: franscisco antunes/flickr)

Anggur tersebut mungkin terlihat aneh, tapi itu erat kaitannya dengan budaya jepang. Buah langka dan mahal secara tradisional ditawarkan sebagai hadiah pada klien, mitra bisnis, kerabat, dan orang-orang terkasih.

Seperti dilansir laman odditycentral, pemberian buah langka seperti semangka persegi bertujuan untuk menunjukan rasa hormat mereka kepada seseorang. Namun di saat sebagian besar buah-buahan mahal bisa dinikmati penerima, ada satu buah memiliki tujuan dekoratif murni, tak lain semangka persegi.

Semangka persegi dikembangkan sekitar 50 tahun lalu oleh para petani di Takamatsu, Prefektur Kagawa Jepang, sebagai cara untuk meningkatkan profil komunitas mereka, di antara para petani di negara itu. Semangkan sudah menjadi simbol ikon Jepang dan komoditas sangat berharga.

Baca Juga:

Viral! Modus Baru Penyelendupan Narkoba Lewat Drone

Bahkan, tak jarang semangka kotak itu dijual seharga USD 100 atau sekitar Rp1,4 juta per buah. Harga tersebut tentu jauh berbeda dengan harga semangka biasa dijual di pasaran. Hal itu tentu agak aneh, apalagi semangka itu tidak bisa dimakan dan rasanya tak enak.

"Buah ini dimaksudkan untuk menjadi pesta bagi mata Anda, tetapi rasanya tidak enak, Buah tersebut biasa ditampilkan sebagai ornamen, mungkin diikombinasikan dengan bunga," kata manajer toko buah mewah Mototaka Nishimura.

Semangka persegi ditanam dalam kotak akrilik khusus agar buah tersebut mencapai dan mempertahankan bentuk diinginkan untuk waktu paling lama. Jadi buah semangka itu jauh dari kata lezat.

Semangka kotak itu bisa bertahan selama satu bulan. Sementara di sebagian besar dunia barat rasa buah-buahan merupakan kualitas utama dicari orang, di Jepang ada sejumlah orang menganggap bentuk geometris jauh lebih penting. (Ryn)

Baca Juga:

Mengintip Kolam Renang Rumahan Ala Oasis di Gurun yang Lagi Viral

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH