Kecantikan
Viral di TikTok, Lipstik dari Tahun 1971 ini kembali Dicari Black Honey muncul kembali tahun ini setelah viral di TikTok. (makeupmuddle.com)

LIPSTIK Black Honey Clinique diluncurkan ketika Indonesia baru dua kali mengasungkan pemilihan umum pada zaman Orde Baru. Namun, lima dekade kemudian, lipstik tersebut menjadi viral di TikTok. Sekarang, toko kecantikan dan pengecer kebanjiran pesanan bahkan sampai kehabisan stok.

Setelah diperkenalkan pada 1971, lipstik yang terkenal berkat kemampuannya mempercantik bibir pada berbagai warna kulit itu mendapat julukan 'turtleneck hitam untuk bibir'. Demikian diungkapkan Senior Vice President and Global Chief Marketing Officer Clinique Carolyn Dawkins. Clinique merupakan perusahaan kosmetik yang tergabung dalam grup Estée Lauder.

Produk ini debut dalam kemasan bulat dari bahan gelas, meniru tempat madu, sesuai namanya. Perusahaan kosmetik asal AS itu kemudian mengubah namanya menjadi Almost Lipstick pada 1989 dan menjualnya dalam kemasan tabung lipstik biasa.

BACA JUGA:

Zodiak Paling Genit, Kamu Termasuk?

Perubahan itu menjadikannya sebagai produk kecantikan klasik yang 'dikultuskan' selama beberapa dekade. Popularitas Black Honey muncul kembali musim panas ini ketika para remaja mulai berbicara tentang lipstik tersebut di TikTok.

"Itu membangun momentum dalam beberapa minggu dan dengan cepat bergerak ke penjualan," kata Dawkins kepada CNN Business (22/9).

Clinique awalnya menanggapi gelombang minat dengan menerapkan wauting list untuk produk tersebut di situs webnya, bukan menandainya sebagai 'sold out'. Sebuah promo dari situs web perusahaan itu menampilkan pesan itu pada Selasa (21/9), "Fenomena lipstik Clinique #1 dari sensasi TikTok. Beli Black Honey sekarang untuk pemesananmu. Kami akan mengirimkannya ketika tiba."

Viral di TikTok

black honey lipstick
Black Honey debut dalam kemasan bulat dari bahan gelas. (cloudfront.net)

Viralnya Black Honey hanyalah contoh terbaru dari kisah sukses produk yang terkait dengan minat di TikTok. Tren kecantikan yang berasal dari aplikasi berbagi video memiliki efek langsung pada peningkatan volume penjualan produk atau merek tertentu yang terkait dengan tren itu, demikian menurut Vice President and Beauty Industry Analyst di firma riset pasar NPD Group, Larissa Jensesn.

Hanya perlu satu video viral yang menarik keterlibatan dari pengguna TikTok lainnya dan menginspirasi video berikutnya tentang produk tersebut. Mirip dengan lonjakan Black Honey, tahun lalu TikTok membantu mengubah CeraVe, merek perawatan kulit yang didirikan pada 2005, menjadi favorit setelah tertidur lama.

Pengguna TikTok telah mengunggah tentang lipstik itu selama lebih dari sebulan. Tagar #blackhoney dan #cliniqueblackhoney sejauh ini telah mengumpulkan total lebih dari 36 juta tampilan TikTok.

Ketika produk Clinique mulai terjual habis, pengguna TikTok mulai memposting "penipuan," atau duplikat Black Honey yang dibuat oleh merek kecantikan lain. Produk duplikat yang sering disebut dupe, biasanya dijual dengan harga lebih murah, tapi memiliki warna atau formula yang hampir identik dan menghasilkan efek yang diinginkan.

Harga Clinique untuk lipstik Black Honey-nya adalah 20 USD atau sekitar Rp 285.000. Beberapa "dupe" termasuk lipstik Black Cherry dari merek makeup e.l.f seharga 5 USD atau sekitar Rp 71.252 dan lip balm dari Burt's Bees yang dijual seharga 4,79 USD atau sekitar Rp 68.259.

Demografi Baru

lipstik
Black Honey diluncurkan ulang dalam lini Almost Lipstick pada 1989. (clinique.com)

Pada 8 September, influencer makeup TikTok Mikayla Nogueira mengunggah tentang Black Honey, dan menarik lebih dari 10 juta tampilan dengan satu video. Seorang pengguna berkomentar, "Saya berusia 48 tahun dan telah menggunakan ini sejak saya berusia 20 tahun."

Pemirsa lain memposting, "Hanya lipstik yang nenek saya izinkan untuk saya pakai saat saya melihatnya bersiap-siap!" Dalam videonya sendiri, Nogueira mengiyakan pernyataan tentang produk turun-temurun tersebut, dengan mengatakan, "Sudah ada selama beberapa dekade."

"Saya benar-benar terkejut ketika ini menjadi viral," kata Nogueira, "Demografis yang membeli ini biasanya adalah perempuan dewasa yang lebih tua, jadi untuk melihat perempuan yang lebih muda menggunakannya di TikTok sangat menarik bagi saya."

Clinique Black Honey diuntungkan karena berasal dari latar belakang tahun 90-an, demikian menurut Creative Director BEAUTYSTREAMS Michael Nolte. Direktur platform informasi industri kecantikan itu mengatakan, "Tahun 90-an saat ini sedang menjadi tren di antara Gen Z sebagai periode fesyen dan make-up yang menginspirasi, ini sedikit menjelaskan kegilaan produk era itu di kalangan konsumen muda."

"TikTok cocok untuk viralitas produk kecantikan karena format klip pendek menawarkan peluang yang lebih baik untuk memahami dan menghargai tekstur dan efek produk kecantikan dibandingkan dengan still foto," kata Nolte. (aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Gambut untuk Bahan Baku Baterai Natrium Ion bagi Mobil Listrik
Fun
Gambut untuk Bahan Baku Baterai Natrium Ion bagi Mobil Listrik

Konon dapat menggantikan baterai kimia lithium ion.

Xiaomi dan Leica Jalin Kerja Sama Penting
Fun
Xiaomi dan Leica Jalin Kerja Sama Penting

Xiaomi mengumumkan kerja sama strategis dalam hal mobile imaging dengan Leica.

Paspor Jepang dan Singapura Jadi Dokumen Terkuat di Dunia
Fun
Paspor Jepang dan Singapura Jadi Dokumen Terkuat di Dunia

Warga Jepang dan Singapura leluasa bepergian dengan paspor mereka.

Mengungkap 'Misteri' Tulisan Resep Dokter Sulit Dibaca
Fun
Mengungkap 'Misteri' Tulisan Resep Dokter Sulit Dibaca

Maka kecepatan berpikir tidak diimbangi kecepatan jari jemarinya.

Gong Yoo Ungkap Kesan Pertama saat Berinteraksi dengan Penggemar di Instagram
ShowBiz
Gong Yoo Ungkap Kesan Pertama saat Berinteraksi dengan Penggemar di Instagram

Gong Yoo rayakan 20 tahun berkarya dengan membuat akun Instagram

Marak Kebocoran Data, Simak Tips Melindungi Data Pribadi
Fun
Marak Kebocoran Data, Simak Tips Melindungi Data Pribadi

Lindugi data pribadi dari para peretas.

Menu Buka Puasa dan Sahur yang Baik untuk Penyintas Diabetes
Fun
Menu Buka Puasa dan Sahur yang Baik untuk Penyintas Diabetes

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan penyintas diabetes untuk berbuka puasa dan sahur.

Cara Tubuh Beri Sinyal Tanda 'Bahaya'
Fun
Cara Tubuh Beri Sinyal Tanda 'Bahaya'

Alarm tubuh saat ada tanda bahaya.

WhatsApp Hadirkan Fitur Baru, Bisa Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu
Fun
WhatsApp Hadirkan Fitur Baru, Bisa Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu

WhatsApp terus melakukan inovasi dan gebrakan baru

Kejahatan Cyber Mengintai Fitur 'Add Yours', Pakar Beberkan Solusinya
Fun
Kejahatan Cyber Mengintai Fitur 'Add Yours', Pakar Beberkan Solusinya

Informasi yang dibagikan dalam tantangan tersebut dapat diakses orang lain.