Viral Balapan Starling di Jalanan Ibu Kota, Polisi Cari Penyebar Videonya

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 07 Maret 2021
Viral Balapan Starling di Jalanan Ibu Kota, Polisi Cari Penyebar Videonya
Keberadaan Straling bak 'Pemersatu Bangsa'. (Foto: instagram/@n_khabibi)

Merahputih.com - Media sosial tengah diramaikan dengan adanya aksi balapan antar ‘starling’. Dalam video yang viral itu, terlihat dua pedagang ‘starling’ berbalapan memacu sepedanya.

Aksi balapan itu terjadi pada malam hari di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sepedanya pun masih berhiaskan kopi yang dijajakannya.

Baca Juga

Starling Sang 'Pemersatu Bangsa' di Negeri Aing

Starling’ merupakan singkatan dari ‘Starbukcs Keliling’. Sebutan itu disematkan bagi para pedagang kopi keliling yang menggunakan sepeda kayuh. Mereka biasanya berjualan di jalan-jalan protokol Ibu Kota.

Mereka balapan bahu jalan, sementara kendaraan bermotor berlalu-lalang. Beberapa orang pun tampak menonton aksi balapan ini. Belum diketahui kapan kejadian tersebut.

Kapolsek Menteng AKBP Iver Son Manossoh mengatakan pihaknya akan menganalisis video tersebut dan mencari kebenarannya.

“Jika benar itu di wilayah Menteng, maka ada beberapa pendekatan penanganan,” kata Iver Son Manossoh kepada wartawan, Minggu, Minggu (7/3).

Iver menambahkan polisi akan mencari penyebar video tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kapan kejadian balapan ini terjadi, apakah pada saat kini atau bisa jadi video lama.

“Karena banyak juga orang, dia kejadian masa lampau dengan kepentingan tertentu memojokkan aparat, ada juga,” tambahnya.

Iver mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP yang punya kewenangan menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di DKI Jakarta.

"Karena dia kan punya gandengan (tempat untuk jualan), ada kotak-kotak, sejauh mana dia direkomendasikan untuk boleh masuk ke jalan umum,” jelas dia.

Baca Juga:

Pelesir ala Orang Indonesia, Selalu Bawa Comfort Food

Sementara Iver menyayangkan aksi balapan di jalan ini karena membahayakan keselamatan pengguna jalan. “Di sisi lain dia (starling) menggunakan jalan umum, jalan raya, yang diperuntukkan untuk umum," kata Iver.

Iver meminta agar pengguna jalan seperti pesepeda tak menggunakan jalanan umum sebagai tempat untuk bercanda. "Karena bisa membahayakan jika terjadi sesuatu. Ini yang harus dihindari karena bisa berpotensi terjadi kecelakaan," tutup Iver. (Knu)

#Kopi #Kopi Unik #Klinik Kopi #Viral
Bagikan
Bagikan