Viral Awan Tsunami Menggulung di Langit Aceh

MerahPutih.com - Media sosial Twitter tengah diramaikan dengan venomena alam awan menggulung seperti tsunami, di wilayah udara Aceh. Tak sedikit netizen mengabadikan venomena awan Arcus tersebut.

Selain di Twitter, kemunculan awan Arcus di langit Aceh juga viral di Instagram. Terlihat awan hitam menggulung panjang di udara. Awan tersebut dalam rekaman video terlihat tak bergerak. Awan itu menyerupai gelombang tinggi laut.

Baca Juga:

BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Masuk Puncak Kemarau pada Agustus

"Mohon doanya Kota Meulaboh baik-baik saja. Pemandangan awan pagi ini di atas kota Meulaboh, Aceh Barat," kata akun @masawep.

Tak sedikit netizen khawatir dengan venomena alam di Aceh tersebut.

"Halo, kalau awan terlihat seperti ini (katanya di Melabouh Aceh), kenapa atau ada indikasi tertentu kah?" kata akun @NaimahTalib.

Baca Juga:

Penjelasan BMKG Terkait Fenomena Embun Beku Dieng

Awan arcus sebenarnya formasi awan horizontal rendah yang biasanya muncul sebagai awan aksesoris cumulonimbus. Awan arcus ada dua jenis yaitu awan awan gulung dan awan landas. Venomena di Aceh masuk dalam awan gulung.

Awan gulung ini masuk awan rendah, horizontal, dan berbentuk tabung. Venomena ini tergolong langka dan menarik perhatian karena bagian awal gulung lepas dari hamparan awan lain sehingga keberadaannya sangat mencolok. Keberadaan awan ini disebut juga gelombang soliter atau soliton. (*)

Baca Juga:

Suhu di Solo Terasa Dingin, BMKG Prediksi Musim Kemarau Lebih Pendek


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH