Headline

Vietnam Berduka, Presiden Tran Dai Quang Meninggal Dunia

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 21 September 2018
Vietnam Berduka, Presiden Tran Dai Quang Meninggal Dunia
Presiden Vietnam Tran Dai Quang (Foto: VOA.News)

MerahPutih.Com - Warga dan rakyat Vietnam berduka. Presiden Tran Dai Quang meninggal dunia pada Jumat (21/9). Berita kepergian pemimpin negara itu disiarkan melalui radio dan televisi pemerintah Vietnam.

Presiden Tran Dai Quang meninggal akibat menderita sakit dan sempat menjalani perawatan dari dokter serta profesor dunia.

Quang, 61 tahun, meninggal di rumah sakit militer di Hanoi karena "sakit parah kendati usaha untuk memberikan pertolongan dilakukan oleh dokter dan profesor internasional," kata Televisi Vietnam.

Vietnam tidak memiliki pemimpin tertinggi dan secara resmi dipimpin oleh presiden, perdana menteri dan ketua Partai Komunis. Pakar mengatakan peran kepresidenan lebih banyak bersifat seremonial.

Quang dipilih menjadi presiden pada April 2016. Sebelum itu, dia menjadi menteri Keamanan Umum, organisasi dengan kekuasaan besar dan mencakup intelijen dan menggagalkan ancaman dari dalam negeri dan asing terhadap partai itu.

Presiden Tran Dai Quang
Presiden Vietnam Tran Dai Quang saat perawatan (Foto: VOA.News)

Presiden Quang dibesarkan dari masyarakat pertanian 115 km sebelah selatan Hanoi, menapaki karir di partai menjadi jenderal polisi dan anggota Politbiro, pembuat keputusan yang kuat di Vietnam.

"Kami sedih mendengar kabar bahwa presiden telah meninggal," kata Bui Duc Phi, kepala desa tempat Quang dilahirkan.

Sebagaimana dilansir Antara dari Xinhua, desas-desus tentang sakit Quang merebak di media sosial selama beberapa bulan.

Salah satu penampilannya yang terakhir ketika ia bersama Presiden Joko Widodo yang berkunjung ke Hanoi pada 11 September. Quang tampak kurang sehat dan tersandung saat ia naik ke panggung untuk memberikan penghormatan.

Surat kabar "Vietnam News" mengatakan Quang menjadi tuan rumah resepsi untuk ketua Mahkamah Agung China di Hanoi pada Rabu.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Akhiri Ketegangan, Dua Pemimpin Korea Tandatangani Kesepakatan Pyongyang

#Presiden #Vietnam #Meninggal Dunia
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan