Vietnam Bakal Gelar Balapan F1 Mulai 2020 F1

MerahPutih.com - Formula 1 (F1) resmi mengumumkan sirkuit baru yang bakal menjadi tuan rumah ajang balap jet darat. Sirkuit Jalan Raya Hanoi, Vietnam, bakal mendapat kehormatan tersebut mulai musim 2020.

Vietnam sudah masuk dalam rencana jangka panjang F1 sejak 2017. Apalagi semenjak diambil alih Liberty Media, F1 kembali gencar melakukan promosi ke negara Asia Tenggara.

Direktur Balap FIA, Charlie Whiting, sudah meninjau bagaimana keadaan Sirkuit Jalan Raya Hanoi. Charlie menyebut Vietnam telah siap menjadi tuan rumah balapan jet darat.

Kepatian Vietnam menjadi tuan rumah F1 akhirnya resmi keluar pada Rabu (7/11). CEO dan Chairman F1, Chese Carey, menyebut bergabungnya Vietnam merupakan ambisi Liberty Media yang akhirnya tercapai.

Formula 1

"Kami dengan gembira mengumumkan Hanoi akan menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1. Sejak kami terlibat dalam olahraga ini pada 2017, kami telah berbicara tentang mengembangkan kota destinasi baru untuk memperluas cakupan Formula 1. Grand Prix Vietnam adalah realisasi ambisi itu," ujar Chese dikutip dari Crash.

"Kami bersemangat berada di sini, salah satu kota paling menarik di dunia saat ini, yang kaya sejarah dan punya masa depan luar biasa. Ini menjadi balapan Grand Prix yang sempurna dan saya berharap ini akan menjadi pusat perhatian pada kalender F1," sambungnya.

Kepastian Vietnam menjadi tuan rumah F1 membuat Wali Kota Hanoi, Nguyen Duc Chung, bangga dengan pencapaiannya. Hal ini membuktikan Vietnam telah menjadi negara yang dipandang dunia.

"Ini bukti berkembangnya kemampuan Vietnam sebagai salah satu negara dengan kemajuan ekonomi tercepat di dunia. Kami akan menggelar event yang berskala global dan menarik turis datang ke negara kami," kata Nguyen.

Sirkuit Jalan Raya Hanoi bakal menjadi tuan rumah F1 keempat di Asia. Sebelumnya F1 sudah bergulir di China, Singapura, dan Jepang. (*/Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH