Video suasana Pangandaran, Jumat (15/12). (Istimewa)

MerahPutih.com - Gempa bumi berkekuatan cukup besar sekitar 7,3 skala Richter mengguncang sebagian Pulau Jawa. Gempa yang berpusat di wilayah selatan Pulau Jawa itu sempat menimbulkan getaran yang cukup lama di sejumlah wilayah, salah satunya di Pangandaran, Jawa Barat.

Dalam video amatir yang diterima Merahputih.com, tampak puluhan pengendara sepeda motor berhamburan meninggalkan Pantai Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (15/12) dini hari.

"Suasana di Pangandaran. Dari pantai pada keluar semua," kata salah seorang warga dalam video tersebut.

Seperti diketahui, dikutip dari akun Twitter Info Mitigasi @infomitigasi, gempa 7.3 SR berpusat di laut selatan Jawa dengan kedalaman 104 kilometer. Sementara, situs BMKG mencatat gempa besar ini terjadi di wilayah Barat Daya Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gempa 7,3 SR berpotensi tsunami sehingga BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Warga yang mendiami kawasan pantai selatan diminta waspada dan para nelayan disarankan untuk tidak melaut dulu.

Peringatan dini tsunami dikeluarkan BMKG Update untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan tetap tenang menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah serta otoritas terkait. (*)

Baca berita terkait gempa bumi lainnya: Gempa 7,3 SR Guncang Pulau Jawa, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH