Video Pertemuan Otak Kerusuhan Petamburan, Lokasinya di Dekat Masjid Massa melakukan perlawanan ke arah Brimob di Kawasan Petamburan, Jakarta, Rabu (22/5/2019) dini hari. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras

MerahPutih.com - Kepolisian memastikan jika aksi kerusuhan yang terjadi di sejumlah titik di Jakarta sudah direncanakan. Bahkan, polisi berhasil memetakan titik kumpul perencanaan sebelum mereka melancarkan aksi massa berdasarkan video rekaman yang diperoleh.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan sejumlah pimpinan massa bayaran yang didatangkan dari Jawa Barat itu sebelumnya sempat bertemu dengan seseorang di sekitar Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Selatan. Saat di Sunda Kelapa, lanjut dia, mereka merencanakan aksi kerusuhan di kawasan Petamburan, hingga Asrama Polisi yang ada di sana.

BACA JUGA: Jakarta Rusuh, Polisi Temukan Ambulans Partai Suplai Batu dan Senjata

Argo
Kombes Pol Argo Yuwono (ANTARA Foto/Rival Awal Lingga)

"Ada barbuknya, ada rekamannya, jadi sudah di-setting lakukan penyerangan ke Asrama Polisi di Petamburan, buktinya sudah kita kantongi," kata Argo, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (23/5).

BACA JUGA: Bentrok Massa di Asrama Brimob Petamburan, Belasan Mobil Hangus

Menurut Argo, unsur 'settingan' makin diperkuat dengan temuan adanya batu dan busur sudah disediakan di pinggir jalan untuk digunakan massa ketka bergerak ke arah Petamburan. "Jadi perusuh ini disuruh ya, sudah di-setting," tegas polisi dengan tanda 3 melati di pundaknya itu.

Mobil
Sejumlah mobil terbakar di Komplek Asrama Brimob imbas dari demonstrasi menolak hasil hitungan KPU yang berujung kerusuhan di Petamburan, Jakarta, Rabu (22/5/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras/aa

Untuk diketahui, massa datang menyerbu komplek Asrama Polisi Petamburan, Rabu (22/5) dinihari kemarin. Akibat aksi itu, puluhan mobil yang berada di sekitar kompleks hangus terbakar.

Polisi dibantu warga sekitar berhasil menangkap beberapa orang yang diduga melakukan pembakaran. Perusuh yang tertangkap dibawa masuk ke dalam Asrama untuk menjalani pemeriksaan dan akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. (Knu)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH