Video Pengakuan Mengejutkan Sebelum Abah Undang Tewas dalam Kerusuhan Lapas Banceuy  Kondisi lapas Banceuy pasca kerusuhan (foto: You Tube)

MerahPutih Nasional- Kerusuhan dan pembakaran Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Bandung, Sabtu (23/4) menimbulkan tanda tanya besar  publik tanah air. Pasalnya seperti yang dikabarkan, kerusuhan dan pembakaran lapas diduga dipicu meninggalnya seorang rekan sesama penghuni lapas, Undang Kosim.

Penghuni lapas yang mendengar kematian Abah Undang begitu mereka menyapanya, tidak terima, mereka menilai Abah Undang tewas karena disiksa sipir lapas. Seperti tersambar petir napi lalu membuat keonaran dan membakar lapas, pada saat petugas mengadakan pembersihan lapas dari peredaran narkoba.

Seorang napi yang merupakan rekan korban tewas menuturkan sebelum Abah Undang ditemukan tewas gantung diri di dalam sel, ia bersama delapan orang tahanan lainnya dipanggil dan disuruh menuju halaman depan lapas.

"Di sana Undang Kosim di siksa menggunakan kabel panjang berisi tembaga, ia disuruh ngaku soal bungkusan yang ia terima, apa yang mau diakui," kata rekan korban sesama penghuni lapas, Sabtu (23/4).

Namun berdasarkan keterangan sejumlah pihak terkait, Undang kosim meninggal dunia murni karena gantung diri dan bukan lantaran disiksa petugas lapas.

Berikut keterangan rekan korban yang berhasil direkam dan diunggah ke situs YouTube,

BACA JUGA:

  1. Ini Keterangan Menkumham Soal Kerusuhan di Lapas Banceuy
  2. AJI Kecam Intimidasi Jurnalis Liputan Kerusuhan Lapas Banceuy
  3. Lagi, Intimidasi Terhadap Jurnalis Terjadi
  4. Relawan Sosial, Jurnalis dan Akademisi Menggagas Ekpedisi Pesisir Banten
  5. Mengenal Adinegoro, Peletak Dasar Jurnalistik Nasional

 



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH