Merawat Ingat
Video Musik 'Lovesick Girls' yang Menuai Kontroversi Jennie yang menggunakan kostum perawat dan pasien pada music video 'Lovesick girls'. (Foto: youtube)

VIDEO musik Lovesick Girls dari BLACKPINK berkisah tentang perempuan yang tersakiti oleh cinta, tetapi masih bangkit dari patah hati lewat.

Grup idola perempuan di bawah bendera YG Entertainment merilis lagu terbaru mereka pada 2 Oktober pukul 13.00 KST atau 11.00 WIB. Video musik Lovesick Girls merupakan lagu utama dari album debut mereka, The Album.

Di videoklip ini, para anggota BLACKPINK menunjukkan sisi emosional grup dengan kemampuan berakting yang mengagumkan. Mereka semua menyampaikan perasaan patah hati ketika berpisah dari pasangan. Di saat yang sama, mereka menyampaikan bahwa semua member telah merelakan dan bangkit dari patah hati tersebut di akhir video.

Dua membernya, yaitu Jennie dan Jisoo, berkontribusi dalam penulisan lirik untuk lagu ini. Jisoo bahkan menjelaskan lagu ini sebagai 'lagu penuh harapan' akan cinta dan kembali berdiri dengan kaki sendiri setelah patah hati.

Blinkers langsung menyambut videoklip ini dengan antusias. Dalam waktu kurang dari sejam, video ini sudah ditonton 10 juta kali. Hal itu membuat BLACKPINK jadi grup idola perempuan tercepat yang mencapai jumlah tersebut. Sebelumnya, MV BLACKPINK yang tercepat mendapatkan 10 juta tontonan ialah Ice Cream. Lagu kerja bareng dengan Selena Gomez itu mencatat 10 juta kali tonton dalam kurun waktu 2 jam 55 menit.

Namun video musik itu kemudian menuai kontroversi perihal baju yang dikenakan oleh Jennie. Karena menurut publik memberikan gambaran yang buruk pada perawat.

Baca Juga:

Nike X Ruohan Wang Perkenalkan Tiga Sneakers Bernuansa Psychedelic

musik
Jennie menggunakan baju perawat yang menimbulkan kontroversi. (Foto: allkpop)

Pada bagian frame Jennie memakai baju perawat. Orang-orang yang menonton video itu mengatakan pakaian perawat yang dikenakan menggambarkan citra perawat yang buruk. Seragam tersebut terlihat seksi karena ketat dan pas di badan, rok pendek, dan sepatu hak tinggi bewarna merah.

Bahkan representatif dari the Korean Health and Medical Worker's Union ikut angkat suara. Mereka mengatakan bahwa baju perawat yang dikenakan Jennie sangat berbanding terbalik apa yang dikenakan perawat sesungguhnya. Baju dan penggambarannya secara langsung meniru stereotip perawat yang 'seksual'.

"Di rumah sakit yang sesungguhnya, bukan yang ada di media, perawat bertarung di garis depan untuk menghadapi COVID-19. Mereka mengambil risiko terinfeksi demi menyelamatkan dan menjaga kesehatan para warga," demikian pernyataan dari the Korean Health and Medical Worker's Union yang dikutip soompi.

Mereka meminta media untuk berhenti menggambarkan perawat sebagai perempuan seksi. Perawat adalah orang-orang di bidang kesehatan yang paling banyak mendapatkan kekerasan seksual. Jika media terus menggambarkan citra perawat yang melenceng, situasinya akan semakin parah.

Selain itu, organisasi kesehatan dan pekerja dalam bidang kesehatan ini juga meminta YG Entertainment untuk mempertanggungjawabkan video musik BLACKPINK Lovesick Girls. Karena selain video ini sudah banyak ditonton, memancing banyak juga tagar di media sosial. Seperti #NursesAreNotCostumes, #Stop_Sexualizing_Nurses, dan #nurse_is_profession.

Sehari setelahnya, pada 6 Oktober 2020, YG Entertainmentpun mengeluarkan pernyataan resmi mereka. Mereka menyatakan permintaan maaf dan sangat menghargai pekerjaan para perawat. Mereka juga menjelaskan Jennie menggunakan baju perawat karena adanya lirik

"Tidak ada dokter yang dapat menyembuhkan ketika sedang patah hati."

Karena itu, ada bagian yang memperlihatkan seorang perawat dengan pasien. Tidak ada niat sepsifik tentang penggambaran yang melenceng mengenai perawat. Mereka hanya ingin mengekspresikan musik BLACKPINK.

YG Entertainmentpun menyatakan akan mengedit bagian tersebut. Tim produksi mereka sedang mendiskusikan bagian tersebut untuk di edit. (psr)

Baca Juga:

Phoenix, Mozilla Firefox Versi 0.1

Penulis : P Suryo R P Suryo R
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pentingnya Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen
Fun
Pentingnya Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan siklus bisnis yang baik.

5 Menu Sehatkan Ususmu
Fun
5 Menu Sehatkan Ususmu

Kesehatan usus tidak hanya memengaruhi pencernaan, tapi juga otak.

Perilaku Harus Diperhatikan untuk Loyalitas Konsumen
Fun
Perilaku Harus Diperhatikan untuk Loyalitas Konsumen

Kamu harus menunjukan dengan perilaku yang baik.

Anime NieR Automata Tayang pada Januari 2023
Fun
Anime NieR Automata Tayang pada Januari 2023

Anime ini akan menghadirkan cerita teranyar yang tidak serta-merta menjiplak versi game-nya.

Shania Twain Ingin Lupakan Masa Lalu Kelam lewat album ‘Queen of Me’
ShowBiz
Shania Twain Ingin Lupakan Masa Lalu Kelam lewat album ‘Queen of Me’

Album terbaru Shania Twain akan dirilis pada 3 Februari 2023.

Vaksin untuk Kanker Mungkin akan Tersedia Sebelum 2030
Fun
Vaksin untuk Kanker Mungkin akan Tersedia Sebelum 2030

Beberapa vaksin kanker saat ini sedang dalam tahap uji klinis.

 Lensa Kontak Pintar Pengganti Layar Komputer Tengah Diuji Coba
Fun
Lensa Kontak Pintar Pengganti Layar Komputer Tengah Diuji Coba

Pengujian komprehensif lensa kontak pintar pada manusia tengah dilakukan.

Konsep Green Building pada Setiap Desain Bangunan Ridwan Kamil
Fun
Konsep Green Building pada Setiap Desain Bangunan Ridwan Kamil

Kang Emil selalu mengadopsi konsep green building tanpa mengubah representasi makna filosofis tiap bangunannya.

Wajib Beli nih, 5 Game di Nintendo Super Sale
Fun
Huawei Dukung Perempuan untuk Berkembang di Era Digital
Hiburan & Gaya Hidup
Huawei Dukung Perempuan untuk Berkembang di Era Digital

Huawei percaya perempuan akan menjadi landasan industri teknologi.