Video Empat Pilar 'Khilafah' Dipertontonkan di Sidang MK, Mau Tahu Isinya? Lanjutan sidang Uji Materi UU MD3 di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (29/8). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

MerahPutih.com - Dalam lanjutan sidang Uji Materi Perppu Ormas, menggagendakan dengar pendapat pemerintah. Pada kesempatan tersebut, Mendagri Tjahjo Kumolo memaparkan sejumlah argumen dan data terkait implikasi Perpuu Ormas, di antaranya video kegiatan HTI.

"Majelis Hakim yang saya hormati. Izinkan saya membacakan keterangan Pemerintah atas permohonan pengujian. Ada dua hal yang kami sampaikan. Pertama, ada rekaman sepanjang dua menit sebagai pengantar. Kemudian mohon izin membacakan ini (argumen)," kata Tjahjo dalam sidang di Gedung MK, Jakarta, Rabu (30/8).

Majelis Hakim yang dipimpin Ketua MK Arief Hidayat pun memberikan kesempatan agar video tersebut diputar. Video tersebut berisikan empat pilar khilafah yang dibacakan saat Muktamar HTI di Gelora Bung Karno, 2013 lalu.

Adapun isi daripada video tersebut adalah HTI meminta meninggalkan hukum dan sistem jahiliah dan menegakkan hukum Syariat Islam. Kemudian juga ingin mengubah kekuasaan yang berada di tangan para pemilik modal, menjadi milik umat. Juga meminta untuk meninggalkan sekat-sekat nasionalisme.

"Hancurkan sekat-sekat nasionalisme yang telah memecah belah kita semua. Angkat satu orang khalifah untuk menyatukan umat," sebut isi video tersebut.

Selanjutnya, HTI meminta untuk meninggalkan hukum perundang-undangan buatan manusia serta voting, dengan menyerahkan sepenuhnya kepada khalifah yang mengambil salah satu pendapat hukum terkuat.

"Inilah empat perubahan yang harus kita lakukan, dan inilah empat pilar khilafah. Karena itu, perubahan yang harus kita lakukan adalah perubahan untuk menegakan khilafah," seperti cuplikan dalam video. (Fdi)

Baca berita terkait sidang Uji Materi Perppu Ormas lainnya: FAPP Yakin Hakim MK Tolak Uji Materi Perppu Ormas



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH