Video dan Foto Terhapus? Jangan Takut, Fitur Baru WhatsApp Dapat Mengembalikannya fzitur baru memungkinkan penggunanya mengunduh file media yang terhapus (foto: Pixabay/webster2703)

BELUM lama ini Aplikasi pesan WhatsApp telah menghadirkan sebuah fitur baru. Fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk mengunduh foto video serta GIF yang telah dihapus.

Dahulu sistem WhatsApp langsung mengapus file media dari server usai diunduh pertama kali oleh si pengguna.

Sebelumnya jika kamu menghapus file media itu dari WhatsApp dalam folder khusus di galeri smartphone kamu. Whatsapp tak menyediakan file cadangan jika ingin didownload untuk kedua kalinya.

Padahal, ada kemungkinan jika para pengguna WhatsApp tak berpikir panjang sebelum menghapus file-file media penting dari galeri smartphone miliknya.

(foto: pixabay/antonbe)

Terlebih lagi bagi para pengguna WhatsApp yang mengaktifkan auto-download, yang menyebabkan dirinya tak sadar telah mengunduh atau mendownload file tersebut. Bisa juga para pengguna juga tak sengaja menghapus dari galeri. Nah, untuk fitur terbaru dari WhatsApp ini memiliki sebuah mekanisme penyimpanan file baru.

Seperti yang dilansir dari gadget 360. Pada fitur terbaru aplikasi itu tetap menyimpan file media di servernya. Bahkan setelah diunduh pertama kali oleh si pengguna.

(foto: Pixabay/geralt)

Kamu dapat menemukan fitur tersebut di WhatsApp beta di atas versi 2.18.113. Tapi jika kamu beta tester, fitur tersebut sudah bisa dinikmati. Caranya mudah, para pengguna cukup dengan menekan ikon unduh pada file media yang terlihat dalam obrolan WhatsApp bersama teman kamu.

Jika sebelumnya akan ada sebuah peringatan bertuliskan “file media tak tersedia”, kini sudah tak ada lagi. Nah untuk mengindari kecurigaan akan pelanggaran privasi data para penggunanya, whatsApp menegaskan kembali jika semua file yang dibagi lewat platformnya telah diamankan dengan enkripsi end-to-end. Jadi dalam kata lain tak ada yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan si pengguna selain pengguna itu sendiri. Bahkan pihak whatsApp mengklaim tak ada yang bisa mengetahui alur komunikasi para penggunanya. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Cantiknya Para Mantan Anggota Girlband Ini Ketika Berhijab

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH