Musik

Video Animasi 'Istarkult' dari Seringai featuring Danilla Akhirnya Tayang

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 05 Februari 2021
Video Animasi 'Istarkult' dari Seringai featuring Danilla Akhirnya Tayang
Seringai resmi luncurkan video musik animasi. (Foto: Instagram/@seringai)

AKHIRNYA sebuah hadiah berupa video apik dari Seringai telah dirilis. Animasi garapan studio Afterlab ini merupakan video musik dari single di album ketiga Seperti Api, bertajuk Ishtarkult yang dinyanyikan bersama Danilla. Video animasi ini telah dirilis pada 4 Februari 2021 pukul 19.00 WIB.

Baca juga:

Gandeng Studio Afterlab, Seringai Segera Rilis Video Animasi 'Ishtarkult'

“Ide membuat video klip Ishtarkult sebetulnya sudah lama diusulkan, kebetulan studio Afterlab mengontak Arian13. Dari situ Arian beride untuk membuat sebuah video musik animasi dengan konsep yang ada seperti sekarang,” ucap Bassis Seringai, Sammy Bramantyo ketika dihubungi Merah Putih Kamis (4/2).

Dalam video berdurasi 5.20 menit ini, mengisahkan tentang seorang pemimpin sekte Sumeria, pemuja Dewi Ishtar yang bertemu dengan para anggotanya di sebuah gurun tandus.

Pada zaman Mesopotamia, Ishtar merupakan simbol dari dewi kesuburan, cinta, perang, dan hubungan seksual Berharap sebuah kemakmuran, dalam video tersebut justru kehadiran Dewi Ishtar menjadi sebuah bencana bagi para pemujanya.

“Komik dan film bertemakan sci-fi sudah menjadi sesuatu yang kami favoritkan, terutama Arian. Sudah pasti kami bersama akan menyetujui untuk membuat karya seperti ini. Ditambah, di Indonesia juga belum banyak dilakukan,” sambung pria yang juga penggemar otomotif ini.

Pendiri studio Afterlab, Mochamad Reza Permana menambahkan, proses pengerjaan animasi ini telah melalui proses yang cukup panjang, memakan waktu hingga tiga setengah bulan.

“Cukup banyak step yang harus dilalui, mulai dari praproduksi (concept art), produksi (3D modelling) sampai ke pascaproduksi (compositing dan editing) sangat panjang kalau perlu dijabarkan. Tapi sejauh ini kita senang dengan proses kolaborasi ini,” kata Reza kepada Merah Putih Senin (4/1).

Baca juga:

Grrrl Gang Wakili Indonesia Bermain di Festival SXSW 2021

Sebelumnya, penayangan video musik animasi Ishtarkult dijadwalkan pada 21 Januari 2021. Sedikit mengalami pengunduran, Sammy mengaku terjadi kendala teknis. “Ada kendala teknis berupa revisi kreatif yang kami rasa tanggung jika tidak dilakukan. Kami memilih untuk memundurkan jadwal penanyangan supaya lebih puas dengan hasilnya,” ucapnya.

Selain itu, Seringai mengaku sangat puas dengan hasil yang dikerjakan. “Sangat puas. Seluruh tim yang bekerja membuahkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi kami,” katanya.

Kolaborasi apik dalam proyek animasi video yang digagas oleh Afterlab dan Seringai, menjadi hal baru untuk dunia animasi Indonesia. Dalam wawancara bersama Merah Putih, Sammy mengharapkan untuk bisa merubah persepsi orang Indonesia tentang video animasi ini.

“Animasi itu tidak hanya diperuntukkan atau hanya bisa dinikmati oleh anak-anak. Sebuah band metal pun bisa membuat sebuah video musik animasi dengan cerita dan visual yang diperuntukkan bagi penonton dewasa,” cetus Sammy.

Senada dengan Sammy, Reza juga memiliki harapan akan terobosan untuk dunia animasi di Indonesia.”Animasi bukan hanya media untuk anak-anak saja. Tetapi menjadi salah satu media yang lebih global untuk bercerita, khususnya di Indonesia. Stigma bahwa animasi hanya untuk anak-anak kita coba patahkan dengan kolaborasi ini,” tutup Reza. (far)

Baca juga:

Cliff Rompies dan Taba Pestolaer ‘Balik ke Angkasa’

#Seringai #Musik #Musisi Indonesia #Video Musik #Animasi #Danilla Riyadi
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan