Disentil JRX 'Superman is Dead', Begini Tanggapan Via Vallen Via Vallen dan JRX (Foto: kolase merahputih/Instagram @viavallen & @Jrxsid )

SEBUAH lagu memantik perdebatan panas di media sosial antara dua musisi ternama, JRX 'Superman is Dead' dan Via Vallen.

Dalam sebuah unggahan JRX yang punya 532 ribu pengikut di Instagram itu melontarkan sindiran kepada Via Vallen. Unggahan itu berisikan kekesalan serta kekecewaanya terhadap penyanyi dangdut yang tengah naik daun tersebut.

"Mungkin banyak pertanyaan, 'kenapa baru sekarang saya sentil VV?'. Simpel. Karena album SID yang baru saja rilis ini penuh akan lagu potensial yang sangat mungkin dijadikan versi dangdut/koplo-nya," ujar penabuh drum SID tersebut.

View this post on Instagram

Mungkin banyak pertanyaan. Kenapa baru sekarang saya sentil VV? Simpel. Karena album SID yg baru saja rilis ini penuh akan lagu potensial yg sangat mungkin dijadikan versi dangdut/koplo nya. Dan jika kami diamkan, bisa jadi VV, atau penyanyi semacam dia akan melakukannya lagi; memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut. OK 2013, lagu Sunset di Tanah Anarki kami ikhlaskan, mindset kami saat itu cukup naif; anggap saja membantu struggling musician. Sampai dia bikin DVD segala, dikomersilkan, rapopo Nah, kekesalan ini muncul setelah melihat transformasi seorang VV. Di mana posisinya saat ini, VV harusnya sudah belajar jadi manusia, jangan bisanya hanya mengambil saja. Selama ini nyanyi SDTA ribuan kali, lirik lagu kami ga ada artinya bagi dia? Setelah sukses, apa yg kamu bisa lakukan utk mengapresiasi karya yg membawamu ke tempat yg lebih baik? Dengan followers berjuta, minimal berkontribusilah utk gerakan melawan lupa, atau pelurusan sejarah 65, perjuangan Kendeng, dll, ada banyak sekali hal yg bisa VV lakukan tanpa harus keluar duit SID sudah pasti akan bangga jika VV, atau siapapun yg hidup dari karya SID, manfaatkan fame nya utk cinta yg lebih besar. Bukan hanya tuk perkaya diri dan keluarganya. Ini yg membuat saya marah. Selama ini nyanyi SDTA apa ya yg ada di dalam kepalanya? Lagu ini pesannya besar, sungguh humanis, pun disampaikan dengan lirik dan video klip yg sangat literal. Wajar saya merasa mereka dengan sadar merendahkan substansi lagu ini atas nama popularitas semata. Itu sangat manipulatif dan menjijikkan Saya ga akan nuntut nominal apapun dari VV atau penyanyi lain yg pernah/masih hidup atas karya SID. Hanya berharap kalian lebih bijak ketika berurusan dengan musik kami. SID bukan cuma band. Kami lebih besar dari hiburan. Uang, fame, rupa, bukanlah segalanya, ada hal yg lebih tinggi bernama INTEGRITAS. Terima kasih, JRX

A post shared by JRX (@jrxsid) on

JRX juga menambahkan, "Dan jika kami diamkan, bisa jadi VV, atau penyanyi semacam dia, akan melakukannya lagi. Memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut," sambungnya.

Sentilan JRX itu terkait dengan aksi Via Vallen meng-cover lagu Sunset di Tanah Anarki. "Ok 2013, lagu Sunset di Tanah Anarki kami ikhlaskan. Mindset kami saat itu cukup naif, anggap saja membantu struggling musician. Sampai dia bikin DVD segala, dikomersilkan, rapopo," imbuhnya.

Saat menanggapi sindiran yang dilontarkan JRX itu, Via Vallen pun tak tinggal diam. Pelatun hit Sayang itu memberikan balasan tegas.

Dalam tanggapannya, Via mengawalinya dengan permintaan maaf kepada pihak SID. Permintaan maaf itu disampaikan karena telah menyanyikan lagu SID di panggung. Termasuk meminta maaf karena dianggap telah merusak ruh lagu tersebut.

"Pertama, dengan segala kerendahan hati, saya mohon maaf kepada pihak Mas JRX selaku pemilik SID jika memang selama ini tidak berkenan lagunya saya pakai untuk bernyanyi di atas panggung off-air dengan irama musik dangdut yang menurut Mas merusak ruh lagu tersebut," ujar Via Vallen dalam unggahan tersebut.

Ia pun menambahkan bahwa tak ada niat sedikit pun untuk merusak lagu orang lain. "Sungguh saya tak ada sedikit pun niat untuk merusak lagu siapa pun melalui genre musik saya," lanjut Via.

Dalam unggahan yang ditulis panjang itu, Via juga mengaku tak tahu-menahu bahwa penampilannya membawakan lagu SID tersebut direkam kemudian dijual dalam bentuk VCD atau DVD. Ia menyebut hanya menyanyi. Ia bahkan tak menerima sepeser pun bayaran dari video di Youtube ataupun penjualan fisik VCD atau DVD tersebut.

Ia bahkan menyanggupi untuk ikut menuntut jika ada pihak label yang dengan sengaja menjual rekaman penampilan off-air-nya tersebut.

Di akhir tanggapannya, Via pun menyayangkan adanya panggilan tak sopan yang diarahkan JRX kepada dirinya. Hal itulah juga yang membuatnya enggan bertemu langsung dan lebih memilih media sosial sebagai tempat klarifikasi.(ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Yuk, Intip 5 Spot Instagramable di The 90’s Festival

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH