Vegetarian Juga Bisa Makan Enak saat Hari Raya Idul Fitri, Ini Idenya! Ide Hidangan vegetarian ketika lebaran. (Foto: pixabay/dolvita108)

BULAN Ramadan telah berakhir, yang artinya perayaan Idul Fitri akan segera dimulai. Selama perayaan Idul Fitri berlangsung, tentunya akan ada banyak sajian makana istimewa khas lebaran yang beraneka ragam. Mulai dari daging kambing, semur daging sapi, opor ayam, segala makanan yang bersifat hewani. Lantas jika kamu seorang vegetarian, menu apa yang seharusnya kamu konsumsi? Tenang vegetarian masih bisa tetap makan enak kok!

1. Makanan pembuka: salad buah dan kacang

Vegetarian Juga Bisa Makan Enak saat Hari Raya Idul Fitri, Ini Idenya!
Jadikan salad buah sebagai makanan pembuka. (Foto: pixabay/silviarita)

"Jangan jadikan perutmu kuburan binatang", kata Ali, sepupu Nabi Muhammad. Kilas balik pada abad ke-7, komunitas agama Islam di Arab sangat jarang mengkonsumsi daging. Nabi Muhammad sendiri menyambung hidup kebanyakan dengan menyantap kurma dan gandum.

Meskipun begitu, di zaman sekarang sebagian besar orang Islam telah biasa menyantap daging sehingga para vegetarian akan kesulitan makan ketika sedang berkumpul ke rumah kerabat atau ketika ingin menyediakan hidangan untuk disantap keluarga.

Maka dari itu, salad segar bisa kamu jadikan pilihan. Potongan mangga, raspberry, blueberry, serta melon dan kurma bisa kamu jadikan hidangan pembuka bersamaan dengan sepiring kacang polong goreng.

2. Makanan manis: vegan chocolate dan salted caramel cake

Vegetarian Juga Bisa Makan Enak saat Hari Raya Idul Fitri, Ini Idenya!
Jadikan caramel cake sebagai menu dessert lebaran kamu. (Foto: pixabay/benibeny)

Kamu bisa menyelenggarakan tea party ketika perayaan Idul Fitri dengan menyajikan makanan manis seperti kue coklat vegan, kue salted caramel, serta donat gula dengan biji pistachio.

Jika dipadukan dengan teh hangat, dessert ini sangat cocok untuk menemani aktivitasmu bersama dengan keluarga dan kerabat.

3. Makanan utama: kari terong dan sayur tahu

Vegetarian Juga Bisa Makan Enak saat Hari Raya Idul Fitri, Ini Idenya!
Jadikan kari terong sebagai variasi hidangan vegan kamu. (Foto: pixabay/mmaung)

Ketika ingin membuat makanan utama, kamu bisa membuat bubur yang dilengkapi dengan kurma, kacang, ara, pisang, serta selai kacang.

Selain itu, kamu juga bisa menghidangkan makanan oriental seperti mie dan sayur-sayuran yang di cah dengan tahu.Tidak lupa dengan kari terong pedas yang menggugah selera.

Kamu juga bisa menambahkan brown pasta dan brown rice yang dilengkapi kentang serta brokoli ala oglio olio. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH