Vatikan Tekankan Pentingnya Persaudaraan Umat Kristiani dan Muslim Pada Hari Idulfitri Romo Benny Susetyo (Foto: Instagram @susetyobenny)

MerahPutih.Com - Staf Khusus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Benny Susetyo berharap Ramadan dan hari kemenangan, Idul Fitri tahun ini menjadi kesempatan bagi umat kristiani untuk memperkuat persaudaraan dengan umat muslim.

Menurut dia, Dewan Kepausan di Vatikan mengucapkan doa terbaik dan ucapan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah bagi semua saudara muslim.

Baca Juga:

PDIP Berharap Idulfitri Jadi Momentum Perkuat Solidaritas Hadapi COVID-19

Pesan Vatikan untuk umat Islam disampaikan Ketua Dewan Kepausan Untuk Dialog Antar Agama Miguel Ángel Kardinal Ayuso Guixot.

Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antar Agama Kardinal Ayuso
Ketua Dewan Kepausan Untuk Dialog Antar Agama Miguel Ángel Kardinal Ayuso Guixot (Foto: shutterstock)

Kardinal Ayuso mengajak umat Kristiani dan umat Islam untuk bersama-sama melindungi rumah ibadah.

“Pemikiran-pemikiran yang ingin kami bagikan tahun ini mengikuti tradisi yang kita hargai yakni tentang perlindungan tempat-tempat ibadah,” tulis Kardinal Ayuso yang dikutip, Minggu (24/5).

Tempat ibadah menempati bagian penting dalam Kristianitas dan Islam, dan juga bagi agama-agama lain.

Bagi umat Katolik dan umat Muslim, masjid dan gereja adalah ruang yang disediakan untuk berdoa. Tempat ibadah tersebut dibangun dan diperlengkapi sebagai sebuah sarana untuk mendukung keheningan, refleksi dan meditasi.

Baca Juga:

Rayakan Idulfitri di Tengah Pandemi Corona, Menag Yakin Umat Makin Sabar dan Bertakwa

Tempat-tempat ibadah juga merupakan ruang untuk keramahtamahan spiritual. Namun sayangnya, tempat ibadah juga menjadi sasaran kekerasan tidak masuk akal.

“Kami berharap, rasa saling menghargai, saling menghormati, dan kerja sama akan semakin memperkuat ikatan persahabatan dan persaudaraan yang tulus, untuk menjaga tempat-tempat ibadah demi memastikan adanya kebebasan bagi generasi mendatang untuk bebas menganut agama yang diyakini,” tutup Kardinal Ayuso.(Knu)

Baca Juga:

Jokowi Akui Lebaran 2020 Terasa Berat Lantaran Ada Pandemi Corona



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH