Varian Delta Ditemukan di 9 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 01 Juli 2021
Varian Delta Ditemukan di 9 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat
Tenaga kesehatan. (Foto: Pemprov Jabar)

MerahPutih.com - Virus corona varian baru delta sudah banyak ditemukan di wilayah Jawa Barat. Hasil penelusuran genom, sedikitnya terdapat 9 kota/kabupaten di Jawa Barat yang menjadi peredaran varuan delta.

Sebanyak 9 daerah tersebut, meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Sumedang, Subang, Kuningan, Purwakarta, Karawang, dan Depok.

"Varian delta sudah banyak masuk di Jabar. Daya tularnya 3-10 kali lipat. Keganasan varian delta ini sangat tinggi," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam jumpa pers melalui Zoom Meeting, Rabu (30/6).

Baca Juga:

Kemenkes Sebut Varian Baru Delta Jadi Pemicu Ledakan Kasus COVID-19

Meski daya tular dan tingkat keganasannya lebih tinggi, Ridwan Kamil menyatakan sejauh ini tingkat kematiaan di Jawa Barat masih rendah dibandingkan nasional. Persentase kematian karena Covid-19 di Jawa Barat 1,37 persen, sedangkan nasional 2,6 persen.

Menurutnya, varian delta juga banyak menyerang pasien-pasien muda, seperti yang dilaporkan Rumah Sakit Santo Borromeus, Bandung. Tapi semuanya cepet sembuh yang menandakan imunitas anak muda kuat.

Ia meminta masyarakat semakin meningkatkan kewaspadaan dengan selalu menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Kewaspadaan terutama semakin ditingkatkan lagi untuk masyarakat di zona merah yang ada di Bandung Raya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melihat tempat isolasi COVID-19. (Foto: Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melihat tempat isolasi COVID-19. (Foto: Pemprov Jabar)

"Bandung Raya varian delta sudah harus kita waspadai. Mulai Kota Bandung dikelulingi Kabupaten Bandung, Sumedang sudah ada varian delta," katanya.

Perlu diketahui, varian delta merupakan virus corona hasil mutasi yang pertama kali teridentifikasi di India. Varian ini menjadi salah satu penyebab tsunami COVID-19 di India. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Ini Kata Ahli tentang COVID-19 Varian Delta

#PPKM Darurat #PPKM #Jawa Barat #COVID-19
Bagikan
Bagikan