'Ajib', Vanessa Jawara di Duren-Duren Cikakak II, Pengin Cicip? Durian. (Foto: Pixabay/christopher1710)

VANESSA keluar sebagai juara pertama dalam Festival Duren-Duren Cikakak II, Jumat (1/2) hingga Minggu (3/2), di Taman Wisata Batu Karut, Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuanratu, Jawa Barat.

Vanessa unggul dalam kontes mengalahkan durian lain yang tak kalah enak. Ya, Vanessa ialah nama buah durian lokal milik Saiban asal Gandasoli, Sukabumi.

Tak hanya Vanessa, masih ada durian lokal lainnya, yaitu durian Sibo yang juga milik Saiban, dan durian Si Sultan milik Dayat, yang keluar sebagai juara kedua dan ketiga dalam kontes durian itu.

1. Durian ajib asal Sukabumi

Festival Duren-duren Cikakak II. (Foto: merahputih.com/Mauritz)
Keseruan Festival Duren-Duren Cikakak II. (Foto: MP/Mauritz)

Varietas durian asal Kabupaten Sukabumi memang ajib. Durian-durian itu banyak membuat pencinta durian rela datang ke Sukabumi untuk sekadar menikmati rasa khasnya. "Di masa depan, kami kembangkan dan perbanyak lagi komoditas durian ini untuk disebar dan ditanam di Kabupaten Sukabumi," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sudrajat.

Festival Duren-Duren Cikakak II tak hanya menggelar perlombaan, tapi juga diisi makan sepuasnya durian serta hasil olahannya. "Kegiatan seperti ini bisa berkontribusi terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. Perlu dukungan dan dorongan semua pihak," terang Sudrajat.

2. Studi banding hingga Thailand untuk angkat durian lokal

Festival Duren-duren Cikakak II. (Foto: merahputih.com/Mauritz)
Makan duren sepuasnya Festival Duren-Duren Cikakak II. (Foto: MP/Mauritz)

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menuturkan Pemkab Sukabumi berencana mengagendakan festival buah-buahan tingkat Kabupaten Sukabumi.

Marwan meminta kelompok masyarakat membuat inovasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan dengan mengolah potensi lokal. "Bukan hanya Festival Durian Cimanggu atau Durian Cikakak, melainkan juga potensi lokal lainnya. Bila perlu, masyarakat yang serius ingin mendalami olahan durian, akan kami bawa studi banding ke Thailand," tegasnya. (*)

Laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk Cirebon dan wilayah Jawa Barat lainnya.

Baca juga berita lainnya dala artikel: Jelajahi Kuliner Singkawang, Wajib Icip-icip di Tempat Makan Ini

Kredit : mauritz


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH