Van Dijk Absen Panjang, Liverpool Bisa Boyong 4 Bek Ini Virgil van Dijk. Foto: Zimbio

MerahPutih.com - Virgil van Dijk kemungkinan akan absen panjang setidaknya hingga musim 2020/2021 berakhir. Kehilangan bek asal Belanda membuat Liverpool kalang kabut. Namun, The Reds bisa mendatangkan bek tengah baru pada musim dingin nanti.

Van Dijk harus menepi dari lapangan hijau dalam waktu lama karena ligamen lututnya mengalami kerusakan. Cedera tersebut terjadi setelah dirinya ditabrak kiper Everton, Jordan Pickford pada Derby Merseyside, akhir pekan lalu.

Akibat insiden tersebut Van Dijk tidak bisa melanjutkan pertandingan. Ia juga dijadwalkan naik meja operasi untuk memulihkan kondisi lututnya.

Van Dijk merupakan salah satu pemain yang perannya tak tergantikan. Ia tak melewati satu pun laga Premier League musim lalu. Kontribusi maksimalnya itu berbuah gelar juara.

Tanpa Van Dijk, Liverpool diragukan bisa mengulangi torehan musim lalu. Lini pertahanan tim asuhannya Jurgen Klopp itu diprediksi menjadi lebih rapuh.

Hal itu sudah terbukti di sisa laga kontra Everton. tanpa Van Dijk, Liverpool harus kebobolan dua kali sehingga laga berakhir imbang 2-2.

Demi mengantisipasi masalah ini, Klopp setidaknya harus memboyong satu bek tengah baru pada musim dingin lalu. Namun sang pemain harus memiliki kualitas yang tidak terlalu berbeda dengan Van Dijk.

BolaSkor.com sudah merangkum empat bek tengah yang bisa dijadikan opsi Liverpool sebagai pengganti Van Dijk. Berikut ulasannya:

1. Kalidou Koulibaly

Kalidou Koulibaly

Liverpool beberapa kali sempat dikaitkan dengan Kalidou Koulibaly pada bursa transfer musim panas lalu. Namun bek berkebangsaan Senegal itu pada akhirnya masih bertahan di Napoli.

Dengan kehilangan Van Dijk, Koulibaly bisa menjadi salah satu opsi terbaik sebagai penggantinya. Pengalamaan bek berusia 29 tahun itu juga tak perlu diragukan.

Hambatan utama bagi Liverpool untuk mendatangkan Koulibaly mungkin terkait harga sang pemain. Napoli tidak akan melepasnya dengan harga murah.

Hal ini jugalah yang membuat sejumlah klub besar membatalkan niat mendapatkan Koulibaly. Namun dengan kondisi darurat, sangat mungkin Liverpool menebus harga yang diminta Napoli.

2. Antonio Rudiger

Antonio Rudiger

Antonio Rudiger menjadi salah satu opsi opsi terbaik lain yang bisa dipilih Liverpool. Bek berkebangsaan Jerman itu sudah bukan lagi pilihan utama Chelsea.

Liverpool bisa memboyong Rudiger dengan opsi peminjaman lebih dulu. Skema ini setidaknya akan lebih terjangkau dari sisi finansial.

Satu-satunya masalah agar transfer ini terwujud mungkin hanyalah restu dari Chelsea. The Blues tentu tidak mau begitu saja meminjamakan pemainnya kepada salah satu rival.

3. Dayot Upamecano

Dayot Upamecano

Dayot Upamecano merupakan buruan utama Manchester United untuk posisi bek tengah. Hal itu menunjukkan pemain berusia 21 tahun tersebut memiliki kualitas.

Dengan usia yang masih muda, Upamecano bisa menjadi bagian investasi jangka panjang Liverpool. Ia juga bisa menjadi penggant Van Dijk permanen andai mampu tampil konsisten.

Memboyong Upamecano secara tak langsung juga akan menjadi sebuah tamparan keras untuk Manchester United. Liverpool menunjukkan lebih unggul di bursa transfer dari rival abadinya tersebut.

4. Tyrone Mings

Tyrone Mings
Tyrone Mings

Nama Tyrone Mings mungkin tidak sepopuler tiga bek tengah sebelumnya. Namun pemain berusia 21 tahun itu terus menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Wings menjadi salah satu rahasia performa apik Aston Villa di awal musim ini. Dari empat aga yang sudah dilalui, The Villans hanya kebobolan dua gol.

Dari segi postur, Mings juga sangat mirip dengan Van Dijk. Ia bertubuh jangkung tapi tetap memiliki kecepatan.

Namun Aston Villa diyakini tidak akan begitu saja melepas Mings. Apalagi andai mereka mampu terus mempertahankan performanya sehingga terlibat dalam perburuan gelar juara. (*)

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Neymar Jadi Ambassador PES 2021
Olahraga
Neymar Jadi Ambassador PES 2021

Bintang sepak bola Brasil, Neymar da Silva Santos Junior ditunjuk menjadi ambassador game Pro Evolution Soccer (PES) 2021.

Ada Kontribusi Erick Thohir di Balik Scudetto ke-19 Inter Milan
Olahraga
Ada Kontribusi Erick Thohir di Balik Scudetto ke-19 Inter Milan

Penantian 11 tahun Inter Milan untuk meraih scudetto Serie A akhirnya berbuah manis. La Beneamata mengamankan gelar juara musim 2020/2021 pada Minggu (2/5).

Chelsea di Atas Angin, Porto bakal Tampil Habis-habisan
Olahraga
Chelsea di Atas Angin, Porto bakal Tampil Habis-habisan

Pada pertandingan ini, tim asuhan Thomas Tuchel berada di atas angin karena mengantongi keunggulan dua gol tanpa balas dari pertemuan pertama.

Shin Tae-yong Boyong 28 Pemain ke Dubai
Olahraga
Shin Tae-yong Boyong 28 Pemain ke Dubai

Sebanyak 28 pemain diboyong oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Diananda Choirunisa Hadapi Wakil Denmark di Babak 64 Besar
Olahraga
Diananda Choirunisa Hadapi Wakil Denmark di Babak 64 Besar

Pemanah Indonesia, Diananda Choirunisa harus puas menempati posisi ke-40 dengan skor 631 poin pada Rangking round pada nomor Women's individual Olimpiade 2020.

Dua Gol Ryad Mahrez Bawa Manchester City ke Final Liga Champions
Olahraga
Dua Gol Ryad Mahrez Bawa Manchester City ke Final Liga Champions

Bertanding di Etihad Stadium, Manchester, Rabu (5/5) dini hari WIB. The Citizens menyelesaikan pertandingan kontra PSG dengan skor 2-0. Riyad Mahrez menjadi bintang dengan mencetak dua gol.

Berikut Jadwal Tiga Wakil Indonesia di Perempat Final Thailand Open Hari Ini
Olahraga
Berikut Jadwal Tiga Wakil Indonesia di Perempat Final Thailand Open Hari Ini

Toyota Thailand Open 2021 pada Jumat (22/1) akan memainkan laga perempat final.

Yang Terbaik di Piala Menpora 2021
Olahraga
Yang Terbaik di Piala Menpora 2021

Turnamen Piala Menpora 2021 telah berakhir dengan Persija Jakarta menjadi juara 1. Macan Kemayoran meraih trofi serta uang tunai Rp2 miliar.

Bertandang ke Thailand, Timnas Indonesia Wajib Dikarantina 14 Hari
Olahraga
Bertandang ke Thailand, Timnas Indonesia Wajib Dikarantina 14 Hari

Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) mewajibkan seluruh pemain dan ofisial menjalani karantina selama 14 hari sebelum memulai aktivitas.

Dikaruniai Anak Ketiga, Mohammad Ahsan Sedih tak Bisa Temani Istri Bersalin
Olahraga
Dikaruniai Anak Ketiga, Mohammad Ahsan Sedih tak Bisa Temani Istri Bersalin

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan tengah berbahagia karena baru saja dikaruniai anak ketiga saat masih bertanding di turnamen BWF World Tour di Thailand bersama Hendra Setiawan.