Games

Valve Siapkan Konsol Generasi Penerus Steam Deck

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 07 September 2022
Valve Siapkan Konsol Generasi Penerus Steam Deck
Konsol terbaru menggunakan chipset dan eksterior yang lebih up-to-date. (Foto: Valve)

SEJAK diluncurkan pada Februari 2022, Steam Deck telah memberikan kualitas lebih di dunia handheld PC gaming yang dapat dengan mudah dimasukkan ke tas dan dibawa kemanapun.

Menyusul kesuksesan konsol tersebut, desainer di Valve dikabarkan tengah melanjutkan penggarapan konsol terbaru yang diketahui sebagai penerus dari Steam Deck.

Mengutip laman Polygon, informasi mengenai generasi terbaru konsol garapan Valve ini dikabarkan melalui majalah Weekly Famitsu yang tersurat dari Greg Coomer, sang desainer di balik konsol Steam Deck.

Baca juga:

Lebih Baik Steam Deck atau Nintendo Switch?

Kemungkinan besar konsol generasi terbaru ini bukan hanya memberikan update besar-besaran, namun juga menghadirkan eksterior yang lebih diperbarui. Di antaranya tema dari konsol, ukuran, serta bentuk yang dapat membuat Steam Deck menjadi lebih dapat dinimati gamer secara estetika.

Steam Deck merupakan konsol handheld yang ditenagai oleh RDNA 2 milik AMD.Konsol yang beroperasi menggunakan SteamOS berbasis Linux ini, mampu memberikan pengalaman bermain game AAA di genggaman tangan kamu.

Bahkan untuk sebuah konsol kecil, penggunanya tetap bisa bermain game sekelas Elden Ring maupun Cyberpunk 2077 dengan kualitas menengah di resolusi 720 piksel.

Tapi banyak hal yang Valve harus kembangkan untuk konsol terbarunya, seperti ukuran Steam Deck yang bisa diperkecil, baterai yang lebih tahan lama, serta fitur terbaru yang membuat konsol garapan Valve ini menjadi lebih modular seperti Nintendo Switch.

Selain membuat konsol generasi terbaru, Valve juga diketahui tengah mengembangkan fitur cloud streaming, membuat Steam Deck dapat terintegrasi dengan PC maupun cloud server milik Valve. Tapi hal tersebut masih belum diumumkan lebih lanjut oleh Coomer maupun staf lainnya di balik proses penggarapannya.

Baca juga:

Game Mafia Gratis di Steam untuk Rayakan Ulang Tahun Ke-20

Konsol garapan Valve menjadi sebuah alternatif bila kamu telah memiliki puluhan hingga ratusan game di Steam untuk dimainkan kapan dan dimana saja. Bahkan konsol tersebut bisa menjadi 'Nintendo Switch Killer', dengan kapabilitas lebih untuk memberikan pengalaman bermain game berkualitas tinggi.

Salah satu game yang sedang banyak dimainkan di Steam Deck saat ini adalah MultiVersus. Game kompetitor Super Smash Bros. Ultimate ini, memberikan banyak fitur dari cross-platform dan cross-progress antar konsol, PC, maupun Steam Deck.

Game lainnya yang banyak digemari di Steam Deck di antaranya yakni Elden Ring, Stray, God of War, dan beberapa game AAA lain yang sempat diperkenalkan di konsol next-gen. (dnz)

Baca juga:

MultiVersus' Jadi Game Terlaris di Steam Deck

#Game #Konsol Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan