Otomotif

Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 06 Agustus 2021
Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP
Juara dunia sembilan kali. (Foto: asphaltandrubber)

JUARA dunia sembilan kali Valentino Rossi resmi mengumumkan akan pensiun pada akhir musim 2021 ini. Keputusan pembalap yang dijuluki 'The Doctor' itu tidak hanya mengejutkan masyarakat, tetapi juga di kalangan pebalap MotoGP.

Keputusan terkait dengan pensiun tersebut disampaikan Rossi dalam konferensi pers bersama Dom Sports, penyelenggara MotoGP, Kamis (5/8).

“Seperti yang saya katakan, saya akan memutuskan masa depan saya selama liburan musim panas. Saya memutuskan untuk berhenti di akhir musim. Sayangnya ini akan menjadi musim terakhir saya sebagai pembalap MotoGP,” kata Rossi.

“Sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan lagi balapan dengan sepeda motor setelah sekitar 30 tahun, jadi tahun depan hidup saya akan berubah. Saya memiliki momen tak terlupakan bersama tim saya dan mereka yang bekerja dengan saya. Tidak banyak yang ingin saya katakan, hanya ini,” lanjutnya.

Baca juga:

Valentino Rossi Sempurna dan Terlalu Tangguh

Valentino Rossi Umumkan Pensiun dari Dunia MotoGP
Dijuluki sebagai The Doctor. (Foto: Top Gear)


Beberapa pembalap pun memberikan reaksi terkait pensiunnya Valentino Rossi.

“Ada pertanyaan yang disampaikan jurnalis kepada Rossi, ‘Apakah dia merasa seperti Michael Jordan di bola basket’. Pasti dia adalah Michael Jordan-nya (balap) sepeda motor. Akan sulit untuk mengulang Valentino Rossi lainnya dalam sejarah. Jadi, semoga dia mendapat banyak keberuntungan dan berharap bisa melihatnya pada musim berikutnya di sekitar paddock,” kata pembalap Suzuki Escstar, Joan Mir mengutip laman Twitter MotoGP.

Fabio Quartararo yang menggantikan posisi Rossi di skuad pabrikan Yamah juga buka suara.

“Sulit dipercaya, jujur saja. Rossi sudah menjadi juara dunia dua kali sebelum saya lahir dan berpikir bahwa dia tidak akan bersama kami tahun depan adalah menyedihkan. Valentino Rossi adalah pembalap yang membuat saya ingin datang ke MotoGP. Dia masih idola saya skearang dan dia masih seorang legenda,” kata Quartararo.

Baca juga:

5 Fakta Menarik Tavullia, Kota Kelahiran Valentino Rossi

Valentino Rossi Umumkan Pensiun dari Dunia MotoGP
Keputusannya mengejutkan banyak pihak. (Foto: Autobala)

Mengutip laman AFP Sport, terdapat sejumlah pencapaian Valentino Rossi yang belum tersaingi pembalap grand prix mana pun. Musim kejuaraan 1996 menandai debut Rossi di dunia balap motor Grand Prix. Sejak itu, ia tercatat telah melakoni 423 balapan di semua kategori. Jumlah tersebut belum termasuk 10 lomba yang akan berlangsung di sisa musim MotoGP 2021.

Rossi juga tercatat sebagai pembalap yang secara maraton berkompetisi selama 26 musim. Dalam kariernya, Rossi tercatat sebagai ride dengan periode kemenangan terlama sepanjang sejarah, yakni 20 tahun 311 hari. (and)

Baca juga:

Valentino Rossi Liburan ke Labuan Bajo

#Breaking #Olahraga #Selebritas #Valentino Rossi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan