Valentino Rossi Belum Bisa Lupakan Insiden Sepang Clash

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 19 Juni 2022
Valentino Rossi Belum Bisa Lupakan Insiden Sepang Clash
Rossi gagal raih gelar juara dunia kesepuluhnya. (Foto: MotoGP)

MESKI sudah pensiun sejak 2021, ternyata pembalap dengan gelar juara dunia MotoGP sembilan kali Valentino Rossi, belum bisa melupakan musim 2015. Kala itu dirinya hampir saja dapat memenangi gelar juara dunia kesepuluhnya, sebelum direbut Jorge Lorenzo pada seri terakhir di Valencia, Spanyol.

Rossi harus bertarung dengan rekan setimnya Lorenzo dan pembalap yang tengah naik daun saat itu Marc Marquez untuk perebutan gelar juara dunia. Sejatinya Marquez tidak ikut dalam perebutan gelar tersebut, namun Rossi menuding Marquez seolah membantu Lorenzo meraih gelar kelimanya.

Pasalnya sebelum penentuan gelar juara dunia pada seri terakhir, Rossi dan Marquez terlibat dalam pertarungan sengit di atas lintasan pada GP Malaysia. Pertarungan berakhir dengan jatuhnya Marquez ke sisi trek setelah Rossi dianggap melebar dan mendorong The Baby Alien keluar trek.

Baca juga:

Nomor Balap '46' Milik Valentino Rossi akan Dipensiunkan

Sepang Clash. (Foto: MotoGP)

Namun Rossi membantah tudingan tersebut. Dirinya menegaskan hanya ingin mengetahui apa maksud dan tujuan Marquez selalu membuntutinya dari jarak dekat seperti yang diungkapkan Motorsport. Rossi menyebut Marquez bahkan bisa saja ikut pertarungan gelar juara dunia andai ia tidak melakukan kesalahan itu.

Insiden tersebut menyulut kontroversi dan kemarahan penggemar Rossi di seluruh dunia, sekaligus membakar amarah penggemar Marquez. Akibatnya kejadian tersebut hingga kini terus diingat sebagai Sepang Clash.

"Pada tahun berikutnya saya berusia 36 tahun. Sejak 2016 segalanya menjadi lebih sulit, tapi saya masih bisa meraih kemenangan. Jika saya masih bisa memperjuangkan kemenangan maka saya akan tetap berkendara. Tetapi sejak saat itu segalanya tak lagi sama," kata pembalap dengan julukan The Doctor itu.

Baca juga:

Valentino Rossi akan Masuki Dunia Metaverse

Rossi vs Lorenzo. (Foto: MotoGP)

Sejak insiden Sepang Clash, Rossi dan Marquez tak pernah lagi terlihat saling bertegur sapa. Keduanya memang pernah terlihat berjabat tangan ketika sama-sama meraih podium, namun tak pernah benar-benar terlihat akrab seperti yang terjadi pada awal musim Marquez berkarier di kelas MotoGP.

Kendati Lorenzo merebut gelar juara dunia yang hampir menjadi miliknya pada 2015, namun Rossi mengaku tak memiliki dendam terhadap mantan rivalnya tersebut. Bahkan Rossi mengatakan akan memilih Lorenzo untuk pembalap yang akan diajaknya bersenang-senang di atas lintasan.

"Kami saling menyukai, kami juga saling kesal. Tapi kami selalu berdamai, kami memiliki tempat tersendiri di hati masing-masing," tandasnya. (waf)

Baca juga:

Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP

#MotoGP #Valentino Rossi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan